Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tipe Pekerjaan yang Cocok untuk Ambivert

Ilustrasi. (dok. Multibriefs)

Topcareer.id – Mengetahui kepribadian bisa membantu kita menemukan pekerjaan yang memuaskan. Sebagian orang mungkin mengenal diri mereka sebagai introvert atau ekstrovert, namun ada juga yang memiliki kecenderungan terhadap kedua belah pihak, yang disebut sebagai ambivert.

Jika kamu termasuk dalam kelompok ambivert, mengenali sifat ganda yang kamu miliki bisa menjadi hal yang penting untuk kebahagiaanmu dalam berkarier.

Mengutip flexjobs.com, Jumat (21/02/2020), seorang ambivert mendapatkan energi mereka dari kegiatan ekstrovert dan introvert, kuncinya adalah menemukan keseimbangan antara keduanya yang terasa alami bagi mereka.

Berikut ini adalah lima pekerjaan untuk ambivert yang memanfaatkan beragam kebutuhan dan kekuatan mereka.

Paralegal
Kegiatan seperti mewawancarai saksi, berkolaborasi dengan pengacara, dan melayani sebagai titik kontak utama untuk klien membutuhkan sifat ekstrovert. Namun, melakukan penelitian hukum, menyusun dan mengoreksi dokumen, serta mengumpulkan bahan untuk pertemuan memerlukan sisi fokus dan kesendirian introvert.

Bagi orang dengan kepribadian ambivert, pekerjaan ini sangatlah cocok karena ia bisa menguasai kedua kepribadian yang berbeda dan dijadikan kekuatannya.

Manajer Hubungan Masyarakat
Seorang ambivert cocok juga dengan pekerjaan ini. Bepergian ke tempat-tempat yang tidak dikenal, menghadiri acara-acara networking, dan dengan berani mempromosikan klien menarik bagi para ekstrovert. Strategi yang cermat, menyusun materi promosi, dan menulis laporan lebih merupakan jalan introvert. Ambivert bisa menyelesaikan tugas keduanya dengan baik.

Pramuniaga
Studi menunjukkan ambivert benar-benar memimpin kinerja penjualan. Sisi ekstrovert mereka memungkinkan kenyamanan di sekitar orang-orang baru yang cukup untuk “menyegel kesepakatan” penjualan, dan sifat introvert mereka membuat mereka menjadi pendengar yang baik dan bisa menangkap keinginan pelanggan serta potensi hambatan untuk menuntaskan penjualan.

Guru
Berdiri di depan kelas dan terlibat dengan siswa tentu sesuai dengan sisi sosial ambivert. Mengajar juga melibatkan banyak tugas soliter dan bijaksana, seperti merencanakan pelajaran dan menilai makalah.

Asisten virtual
Pengaturan jarak jauh memberikan kesunyian yang ramah bagi kepribadian introvert dan kesunyian yang sempurna untuk fokus, sementara tugas yang membutuhkan interaksi dengan eksekutif, vendor, dan pelanggan memungkinkan ambivert menampilkan sisi ekstrovert mereka.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply