Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Memberi Tugas Ringan di Rumah pada Anak Sesuai Usia

Ilustrasi. (dok. Chin family)

Topcareer.id – Sejak kapan anak bisa membantu orangtua melakukan tugas di rumah? Tahukah kamu, anak berusia 1,5 tahun yang sedang lucu-lucunya itu sudah sanggup mengerjakan beberapa tugas ringan, lho!

Bukan maksud menyuruh anak untuk meringankan beban orang tua. Tugas-tugas bagi anak berikut ini dimaksudkan untuk membangun karakter mandiri, yang di kemudian hari akan dirasakan manfaatnya oleh anak.

Berikut beberapa tugas yang bisa dilakukan anak sesuai usia mereka.

Baca juga: Benda Kecil ini Mampu Selamatkan Anak dari Penculikan

1,5-2 tahun
Menaruh pakaian kotor di keranjang, memasangkan kaus kaki bertujuan mengajarkan konsep “sama” dan “beda”, mengambil barang yang tak mudah pecah dari meja, meletakkan barang serupa di meja, mengambil buku dan majalah, membuang sampah kecil, membereskan mainan–mungkin mereka enggan, bukannya tidak bisa.

Baca juga: Cara Mengenalkan Pola Hidup Sehat pada Anak

3-4 tahun
Membersihkan jendela dengan kain lap dan botol penyemprot berisikan air, membantu menyiapkan meja, menaruh piring di bak cuci, membersihkan debu dengan sapu atau sikat kecil, melipat hasil cucian kecil misalnya serbet atau handuk olahraga, mengambil koran dari luar, menaruh buku dan majalah di tempatnya, menyiram tanaman, meluruskan seprai, menjinjing tas belanja kecil, membantu memasak dan membuat kue dengan mengukur, menuangkan bahan kering, mengaduk, dan mencampur.

5-7 tahun
Menyiapkan pakaian dan tas sekolah, berpakaian sendiri, menjemur cucian, melipat hasil cucian, menyapu lantai, membersihkan meja setelah makan, mengganti seprai, membereskan tempat tidur, menaruh barang di mobil, memungut sampah di mobil, membuang sampah ke luar, membuat masakan sederhana, melakukan tugas sederhana lainnya di dapur seperti mencuci sayur dan buah. * Dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply