Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips dan Trik Buat Kue Kering bareng Anak

Ilustrasi. (dok. Mom Junction)

Topcareer.id – Kedekatan antara orangtua dan anak bisa dijalin dengan cara melakukan kegiatan bersama. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah membuat kue kering yang kreatif atau disebut juga “fun cookies” karena bentuknya yang lucu-lucu.

Sajian kue-kue kering buatan sendiri tentu lebih menghangatkan suasana.

Namun, mendapatkan cookies yang bentuk sempurna dan dengan rasa yang menggugah selera susah-susah gampang. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dengan seksama.

Baca juga: Anak Susah Makan? Alat Makan Menarik Solusinya

1.Pilih bahan-bahan berkualitas terbaik
Misalnya, lebih memilih ekstrak vanili alih-alih vanili artifisial atau butter ketimbang margarin. Karena hanya bahan-bahan terbaik yang dapat menghasilkan rasa terbaik, selama kamu mengolahnya dengan benar.

2. Jangan anggap sepele tepung
Tipe tepung dan jumlah tepung yang digunakan akan memengaruhi tekstur dan struktur kue yang kamu buat. Tepung tinggi protein akan menyerap kelebihan air dan Anda akan mendapatkan kue yang lebih kering dan tidak rapuh. Sementara tepung rendah protein akan membuat kue lebih basah dan rata (flat).

3. Lakukan pengukuran dan pencampuran dengan tepat
Seringkali kita menggunakan gelas ukur yang sama untuk menakar bahan-bahan yang kering dan cair, padahal beda. Maka perhatikan fungsinya baik-baik agar jumlah bahan yang digunakan benar-benar tepat sesuai resep. Sedangkan pencampuran yang tepat lebih kepada teknik mengocok dan mengaduk, seberapa cepat atau lambat, dan juga keteraturan gerakan.

4. Dinginkan, lalu panaskan
Setelah proses mencampur dalam mixer selesai dilakukan, kamu tentu tergoda untuk segera menyusunnya dalam bentuk-bentuk cantik di atas loyang — jangan lakukan ini! Menyimpannya dulu di dalam lemari pendingin selama 20 menit menjadi sebuah trik untuk mendapatkan kue yang lebih sempurna, kering dan renyah.

5. Tiriskan dan simpan dalam wadah yang rapat
Selalu tiriskan kue hingga benar-benar kering sebelum dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan. Dan pastikan kerapatan wadah, karena kontaminasi udara yang keluar-masuk akan membuat kue cepat rusak. Juga jangan menyatukan kue dengan jenis berbeda dalam satu wadah. Kue yang basah akan membuat kue yang kering ikut lembab.* Dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply