Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Draft Materi Pokok Pembinaan Pancasila bagi ASN Sudah Disusun

FGD Penyusunan Standardisasi Materi Pembinaan Ideologi Pancasila. (dok. BPIP)

Topcareer.id – Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), FX Adji Samekto mengungkapkan Draft Materi Pokok Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) telah selesai disusun.

Draft tersebut akan dilaporkan kepada Kepala BPIP untuk diteruskan ke Dewan Pengarah BPIP. Setelah itu, draft yang telah dibukukan akan digunakan dalam melakukan pembinaan ideologi Pancasila bagi ASN.

Hal yang sama juga akan diberlakukan terhadap Standardisasi Materi Pembinaan Ideologi Pancasila untuk pendidikan formal. Setelah tersusun, draft itu akan disosialisasikan di lingungkan pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi.

Baca juga: Tangkal Radikalisme, Pemerintah Siap Awasi Media Sosial ASN

FX Adji Samekto juga kembali mengingatkan Pancasila bukan sekadar pengatur tingkah laku.

“Pancasila bukan sekadar penuntun tingkah laku, lebih dari itu Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, dasar negara dan cita-cita yang harus diwujudkan melalui sasaran pembangunan nasional”, jelas Adji dalam FGD Penyusunan Standardisasi Materi Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Pendidikan Formal, Jakarta Rabu (4/3/2020), seperti rilis yang diterima Topcareer.id.

“Produk-produk yang dikeluarkan BPIP melalui Deputi Bidang Pengkajian dan Materi, tentunya tidak terlepas dari Garis Besar Haluan Ideologi Pancasila (GBHIP) yang berisi rumusan sasaran-sasaran pembangunan nasional yang merupakan perwujudan dari nilai-nilai Pancasila,” imbuh Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Diponogoro itu.

Selain GBHIP, Deputi Bidang Pengkajian dan Materi juga telah merancang penyusunan Arah Dasar Pembinaan Ideologi Pancasila. Baik GBHIP dan Arah Dasar ini merupakan rangkaian kesatuan untuk mengarusutamakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Produk-produk Deputi Bidang Pengkajian dan Materi ini diharapkan bisa diterima dan dilakukan sebagai suatu kebiasaan atau habituasi oleh individu-individu yang ada di Indonesia, baik dalam pemerintahan maupun masyarakat umum.

“kebiasaan-kebiasaan individu-individu kemudian terpola, selanjutnya menjadi kebudayaan di masyarakat,” ujar Adji.

Kebiasaan yang menjadi kebudayaan itu, masuk ke dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hal yang lebih real, kebudayaan itu dipraktikan dalam bidang ekonomi dan politik. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply