Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Cegah Rabun Jauh Akibat Kerap Menatap Monitor

Ilustrasi: All About Vision

Topcareer.id – Pekerjaanmu mengharuskanmu untuk bekerja di depan monitor hingga lebih dari 7 jam sehari? Hati-hati, terlalu banyak menatap monitor bisa membuatmu terkena Computer Vision Syndrome (CVS).

Gejalanya antara lain adalah iritasi mata, mata lelah, mata kering, mata merah, sakit kepala, hingga pandangan mata kabur sesaat. Jika dibiarkan dalam jangka lama, penderita CVS terancam terkena rabun jauh.

Untuk menghindari semua kemungkinan buruk tersebut, cobalah melakukan beberapa langkah ini:

  • Terapkan aturan 20-20-20 saat kamu bekerja. Caranya, usai menatap monitor selama 20 menit, segera istirahatkan mata dengan melihat benda yang jaraknya sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.
  • Atur pencahayaan ruangan dengan cahaya yang cukup
  • Atur posisi duduk menjadi 90 derajat, dengan posisi keyboard 100 derajat dari siku. Para ahli mematok jarak mata yang aman dari monitor sekitar 50-70 cm.
  • Pilih monitor yang paling nyaman untuk mata kamu. Cobalah pilih pixel dan resolusi yang memiliki titik-titik warna kurang dari 0,28 mm. Monitor berlayar lebar juga membantu, apalagi untuk pekerjaan yang menuntut kemampuan visual tinggi.
  • Konsumsi makanan yang bisa menyuplai vitamin A.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Sebelum terlambat, yuk segera lindungi mata kita dari ancaman computer vision syndrome.

Catatan: artikel ini pernah dimuat majalah Topcareer edisi Oktober 2012 dengan judul “Cara Meminimalisasi CVS”.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply