Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Topcareer.id – Selain enak, Nanas ternyata punya manfaat kesehatan yang cukup signifikan. Faktanya, nanas telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak zaman kuno menurut sebuah penelitian dari Biomedical Reports.

Buah ini sejatinya berasal dari Amerika, namun juga bisa tumbuh dengan baik di iklim tropis di seluruh dunia. Nanas merupakan sumber vitamin, serat, dan mineral seperti mangan.

Dikutip dari laman everydayhealth.com, Senin (9/3/2020), berikut alasan mengapa nanas juga baik bagi kesehatan.

Nanas kaya vitamin C
Nutrisi yang menonjol dalam nanas adalah vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan memberikan manfaat antioksidan. Satu cangkir nanas mengandung 78,9 miligram (mg) vitamin C, menurut Departemen Pertanian AS (USDA).

Bisa menurunkan berat badan
Jus nanas dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Bahkan jika itu tidak memiliki efek signifikan pada metabolisme, nanas tetaplah pilihan camilan yang baik karena rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral penting, serta tidak mengandung lemak jenuh atau lemak trans.

Nanas juga menghasilkan serat (2,3 gram dalam 1 cangkir) yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan membantu makan lebih sedikit karena membuat kita merasa kenyang, menurut Mayo Clinic.

Membantu pencernaan
Nanas mengandung bromelain, yang merupakan campuran enzim yang dapat mengurangi peradangan dan juga penyembuhan luka. Ini juga dikaitkan dengan mengobati gangguan pencernaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Biotechnology Research International menemukan bahwa bromelain dalam nanas membantu mengurangi efek diare.

Baca juga: 8 Manfaat Bermain Video Game

Mangan pada nanas baik bagi tulang
Bersama dengan kalsium, trace mineral mangan sangat penting untuk mempertahankan tulang yang kuat, menurut University of Rochester Medical Center.

Nanas adalah salah satu sumber makanan utama mineral. Satu cangkir nanas mengandung sekitar 76 persen dari nilai harian mangan yang direkomendasikan.

Nanas mengandung antioksidan
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2014 di Molecules, nanas adalah sumber antioksidan, terutama fenolat, flavonoid, dan vitamin C. Antioksidan adalah senyawa dalam makanan yang dapat membantu memerangi peradangan dan radikal bebas di dalam tubuh.

Nanas memiliki sifat memerangi kanker
Menurut Mayo Clinic, meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker, para ahli menyarankan untuk makan makanan yang sehat, idealnya yang tinggi antioksidan, yang sumbernya bisa didapat melalui nanas.

Meningkatkan sistem imun tubuh
Nanas sangat baik dalam membantu berjuang melawan sakit flu. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi nanas memiliki lebih sedikit infeksi virus dan bakteri dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengkonsumsinya selama periode studi sembilan minggu.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply