Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Freelance, Bisakah Memenuhi Kebutuhan Hidup?

ilustrasi: localwork.co

Apakah kamu siap ribet?
Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan freelancer baru adalah tidak memiliki sistem.

Padahal, ketika kamu bekerja untuk diri sendiri, kamu bertanggung jawab untuk melacak sendiri pekerjaan yang telah kamu lakukan, menagih bayaran atas hasil kerja kamu, hingga membayar pajak.

Jika kamu tidak mau berurusan dengan aspek lepas lepas yang glamor ini, ada baiknya untuk tetap mempertahankan pekerjaan kamu saat ini.

Sebaik apa kamu dalam mengelola waktu?
Bagi sebagian orang, bekerja freelance bukanlah pilihan yang realistis. Beberapa dari kita membutuhkan rutinitas jadwal kantor agar bisa tetap produktif.

Perlu diketahui, Jjika kamu dapat tidur dengan nyaman hingga siang hari dan tidak pandai memenuhi tenggat waktu, menjadi freelancer mungkin bukan jalur karier bagi kamu. Penting untuk memahami apa yang kamu butuhkan untuk sukses.

Namun, jika kamu lebih suka bekerja secara disiplin dan mandiri, serta tidak membutuhkan banyak pengawasan saat bekerja, freelancing mungkin sangat cocok untukmu.

Sefleksibel apa kamu?
Freelancing selalu berubah. Tarif naik dan turun, klien muncul dan menghilang, tren industri mengambil alih dan kemudian memudar.

Perubahan seperti ini adalah aspek menarik dari pekerjaan lepas. Kamu tidak akan pernah bosan. Tapi itu juga bisa menakutkan, bahkan jika kamu adalah seseorang yang terbiasa menghadapi ‘pukulan’.

Pekerja lepas bisa sukses bukan hanya karena mereka pekerja keras dan kreatif. Tapi juga lantaran fleksibel dan ulet.

Kuncinya, jika kamu dapat beradaptasi, dapat bertahan dan bahkan berkembang dalam karier yang menantang ini.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply