Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

WHO Desak Indonesia Umumkan Darurat Nasional Covid-19

Ilustrasi. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo terkait penanganan virus corona di Indonesia.

Dalam surat yang telah beredar di media sosial, Jumat (13/3/2020), WHO meminta agar Presiden Joko Widodo melakukan sejumlah langkah termasuk mengumumkan Indonesia darurat nasional virus corona.

Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal WHO Thedros Adhanom dan dikirimkan ke Jokowi pada 10 Maret 2020 lalu. Surat juga diteruskan kepada Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga: COVID-19 Dinyatakan Pandemi Global. Apa Beda Epidemi Dan Pandemi?

Dalam surat itu, Thedros awalnya mengapresiasi upaya pemerintah RI dalam menangani corona.

Ia menyebutkan, setiap negara harus melakukan langkah terukur untuk mencegah penyebaran virus yang pertama kali muncul di China ini.

Namun di beberapa negara WHO menemukan sejumlah kasus justru tak terdeteksi dan membuat penyebaran virus ini meluas dan akhirnya menyebabkan banyak korban jiwa.

Untuk itu, WHO terus mendorong setiap negara untuk terus melakukan uji laboratorium terhadap orang yang dicurigai telah terinfeksi virus corona.

Baca Juga: WHO Nyatakan Corona COVID-19 Pandemi Global, Salahkan Pemimpin Dunia Yang Lambat

“Khususnya di negara yang memiliki populasi besar dan fasilitas kesehatan yang tak merata di setiap wilayah,” kata Thedros.

Thedros menekankan bahwa deteksi dini adalah faktor penting untuk dapat memetakan penyebaran virus ini dan melakukan upaya pencegahan.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply