Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tahap Terjadinya Burnout Syndrome

Ilustrasi. (dok. Thrive Global)

Frustasi
Pada tahap ini, kamu harus sudah mulai waspada. Dalam diri karyawan kamu akan mulai muncul perasaan kecewa, tidak berdaya. Hal ini akan membuat kamu mulai kehilangan kontrol pada diri mereka.

Antusiasme yang ada pada tahapan awal kini berubah menjadi kelelahan. Salah satu ciri pada tahap ini adalah mereka akan mudah tersinggung.

Apatisme
Jika kamu tidak dapat mengatasi atau melakukan perubahan di tempat kerja, karyawan kamu akan memasuki tahapan ini. Mereka akan mulai apatis atau tidak peduli.

Motivasi dan kepercayaan diri mereka pun akan terasa hilang, berganti dengan kebosanan dan kejenuhan yang membuat mereka tidak memiliki semangat lagi untuk membuat perubahan. Apalagi jika pimpinan masih tetap sulit untuk mendengarkan atau menerima usulan mereka.

Keputusasaan
Di sinilah tahap puncaknya. Karyawan kamu tidak lagi memiliki gairah kerja. Keyakinan akan masa depan pun menghilang. Cirinya adalah mengalami tanda-tanda depresi dan mulai melakukan tindakan-tindakan negatif.

Jika sudah di tahap ini, perusahaan perlu energi ekstra untuk membuat mereka kembali bersemangat dan bergairah bekerja seperti semula.

Catatan: Artikel ini pernah dimuat di majalah Topcareer edisi Desember 2012 dengan judul “Waspadai Burnout Pada Karyawan Anda”.

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply