Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Perempuan: Makeup dan Kaitannya dengan Karier

Dok. Woman's Web

Topcareer.id – Perempuan memakai riasan (makeup) karena berbagai alasan. Beberapa melakukannya agar terlihat lebih segar, sementara beberapa ingin terlihat lebih menarik bagi yang lain. Tapi ada studi bahwa perempuan dengan makeup-nya punya kaitan terhadap karier.

Jurnal yang disebut Sex Roles, menemukan hasil menarik soal pendapat tentang perempuan yang memakai make-up tebal. Termasuk mayoritas responden yang menemukan bahwa perempuan yang memakai makeup berlebih, terlihat kurang manusiawi daripada perempuan lain.

Perempuan dengan makeup yang lebih tebal terlihat kurang human-like

Penelitian ini, yang dilakukan oleh para psikolog dari Brussels dan Amerika Serikat, meminta 1.000 orang untuk melihat foto-foto perempuan, yang mengenakan berbagai tingkat makeup, masing-masing selama 10 detik. Para peserta kemudian diminta untuk menggunakan kata sifat untuk menggambarkan setiap perempuan itu.

Para peserta, baik itu biseksual, gay, lesbian, atau heteroseksual, mengaitkan gambaran “kurang seperti manusia” kepada perempuan yang memiliki penampilan makeup yang tebal.

“Ini menunjukkan bahwa makeup tebal menyebabkan bentuk dehumanisasi yang halus, terlepas dari orientasi seksual partisipan,” Philippe Bernard, salah satu penulis studi dari Free University of Brussels, mengatakan kepada Insider.

Bagaimana memakai makeup di tempat kerja memengaruhi karier?

Para peneliti menemukan bahwa riasan yang tebal terlihat “tidak profesional” di tempat kerja. Jadi mana yang paling baik jika diskusi soal makeup? Jawabannya, perempuan yang memakai tampilan riasan ringan.

Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang memakai riasan ringan mendapatkan lebih banyak promosi daripada mereka yang berwajah segar dengan makeup.

Para peserta, yang semuanya berusia 20-an tahun dan terdiri dari beberapa gender, menggambarkan bahwa perempuan dalam foto dengan riasan yang ringan menunjukkan seseorang yang “bermoral,” “hangat,” dan “capable.”

Di sisi lain, perempuan yang memakai riasan mata tebal dianggap paling tidak hangat dan tidak kompeten.

“Mengenai fakta bahwa laki-laki dan perempuan mempersepsikan mereka dengan makeup tebal dengan cara yang sama, ada kemungkinan bahwa makeup tebal menyebabkan orang lebih fokus pada keseksian dan daya tarik seksual perempuan.

“Sebaliknya, orang jadi kurang fokus pada karakteristik internal perempuan sebagai kepribadian mereka,” kata Bernard.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply