Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kalau Kepepet, Hand Sanitizer Kedaluwarsa Masih Ampuh Bersihkan Tangan

Hand Washing, using sanitizing gel

Topcareer.id – Untuk membunuh kuman dan virus yang ada di tangan, maka cuci tangan dengan sabun dan air jadi hal yang dinilai paling ampuh. Apalagi sejak ada wabah virus corona, tindakan ini digaungkan sebagai bentuk pencegahan. Handsanitizer pun ikut naik daun.

“Jika kamu tidak memiliki akses ke sabun dan air, pembersih tangan dapat digunakan untuk membunuh beberapa kuman di tangan, atau menjadikannya tidak aktif,” kata Alex Berezow, ahli mikrobiologi dan Wakil Presiden Komunikasi Ilmiah di American Council on Science and Health dalam Business Insider.

Pembersih tangan harus setidaknya alkohol 60% agar efektif – tetapi juga bisa yang kadaluwarsa, biasanya setelah tiga tahun. Jadi, bisa pakai handsanitizer yang kedaluwarsa?

Baca juga: Cuci Tangan Bantu Cegah Penyebaran Virus Corona. Begini Caranya

Ya, pembersih tangan bisa kedaluwarsa

Segera setelah kamu menekan bagian atas pembersih tangan, itu mulai kehilangan efektivitas. Itu karena alkohol di dalamnya menguap seiring waktu. Setelah botol pembersih tangan dibuka, kandungan alkoholnya akan berkurang saat menguap.

“Jika konsentrasinya di bawah 60% alkohol, maka itu kehilangan beberapa efektivitasnya,” kata Berezow.

Tanggal kedaluwarsa adalah perkiraan produsen terbaik untuk saat konten alkohol akan turun di bawah 60%. Sebagian besar pembersih tangan memiliki tanggal kedaluwarsa tiga tahun setelah tanggal pembuatannya.

Baca juga; Hand Sanitizer VS Cuci Tangan dengan Sabun, Mana Lebih Baik?

Jika pembersih tangan kedaluwarsa adalah satu-satunya pilihanmu, gunakanlah

Pembersih tangan memang sudah diatur, sehingga diharuskan memiliki tanggal kedaluwarsa. Namun, dalam keadaan darurat, kamu masih bisa menggunakan pembersih tangan kedaluwarsa untuk membersihkan tangan. “Beberapa (persen) alkohol lebih baik daripada tidak sama sekali,” kata Berezow.

Jika botol belum dibuka, sedikit alkohol yang akan menguap, jadi botol pembersih tangan yang baru dibuka yang melewati tanggal kedaluwarsa kemungkinan akan lebih efektif daripada botol yang sudah kadaluwarsa dan sudah dibuka.

Baca juga: Membuat Sabun dari Limbah Minyak Goreng

Jika kamu tidak dapat membeli pembersih tangan, kamu bisa membuatnya sendiri, tetapi jauh lebih baik mencuci tangan saja. Bloom menekankan bahwa, jika memungkinkan, mencuci tangan dengan sabun dan air selalu lebih baik daripada menggunakan pembersih tangan, terutama di rumah di mana selalu memiliki akses ke sabun dan air.

“Adalah ide yang buruk untuk menggunakan handsanitizer di rumah. Orang akan menggunakannya daripada mencuci tangan, yang merupakan cara yang jauh lebih baik untuk menghilangkan virus.”

Selain itu, pembersih tangan tidak akan secara efektif membersihkan tangan jika terlihat kotor. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply