Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Panduan Belanja Saat Terjadi Lockdown karena Pandemi Virus Corona

Ilustrasi. (dok. Mexico News Daily)

Topcareer.id – Ketika kasus virus corona meningkat hampir di ratusan negara seluruh dunia, banyak orang yang belanja menimbun barang untuk antisipasi karantina. Tak terkecuali di sini, ketika Indonesia mengkonfirmasi kasus corona pertamanya, orang-orang melakukan panic buying.

Masalahnya, panic buying kadang malah jadi ajang untuk berboros-boros membeli hal yang sebenarnya tidak perlu, bahkan tak pernah digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

“Saat ini, orang melakukan hal-hal yang sangat konyol,” kata Regina Phelps, perencana pandemi dan pakar manajemen krisis kepada CNBC Make It.

Menurut Phelps, itu bisa dimengerti. Dalam dua dekade sebagai perencana pandemi, Phelps belajar bahwa ketika orang atau perusahaan tidak mengembangkan rencana tentang apa yang sebenarnya mereka butuhkan di awal.

Menurutnya, itu jenis respons alami saat banyak orang membeli barang yang tidak mereka butuhkan dan akhirnya tidak akan pernah menggunakan. Meski kadang bisa mahal, dan tidak perlu.

Phelps, merupakan pendiri Solusi Manajemen & Keselamatan Darurat di San Francisco, di mana ia memberi nasihat kepada perusahaan seperti Whole Foods, Nike dan Starbucks mengenai rencana manajemen krisis, termasuk kemungkinan pandemi.

Ia mengatakan berikut beberapa barang yang biasa dibeli orang saat kondisi ini, tapi sebenarnya cuma buang-buang uang.

Baca juga: Buat Cairan Disinfektan Anti Corona Modal Rp 13 Ribu. Begini Caranya

1. Makanan yang biasanya tidak kamu makan

Orang-orang tanpa rencana atau daftar belanjaan biasanya membuang barang-barang acak ke dalam troli, seperti makanan yang biasanya tidak mereka makan agar merasa lebih aman.

Jika biasanya kamu nggak makan pasta ala-ala supermarket, tak perlu beli pasta untuk kebutuhan belanja saat pandemi virus corona. Itu hanya akan membuatmu lebih boros.

“Beli barang-barang yang benar-benar akan kamu makan. Bukan barang yang hanya karena ada di sana dan kamu berpikir, ‘Oh, astaga, mungkin ini akan baik.’ Kamu hanya perlu memiliki dasar-dasarnya,” kata Phelps.

2. Masker

 “Semua orang berpikir,‘ Ya ampun. Saya butuh masker,” kata Phelps. Tetapi kenyataannya adalah bahwa jika kamu tidak sakit atau tidak merawat seseorang yang sakit, kamu tidak perlu memakainya.

Barang apa lagi yang tak perlu dibeli? Baca halaman berikut>>

Leave a Reply