Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Gara-gara Corona, EURO 2020 Diundur 1 Tahun Menjadi EURO 2021

Piala Euro 2020. (dok. The Straits Times)

Topcareer.id – Kejuaraan sepakbola piala Eropa (EURO 2020) musim panas diputuskan ditunda hingga 2021 untuk memberikan waktu bagi semua kompetisi klub Eropa selesai pada 30 Juni.

Selasa, 17 Maret 2020, UEFA menyatakan bahwa Kejuaraan Eropa UEFA 2020 telah ditunda selama satu tahun. Kejuaraan EURO 2021 tepatnya akan berlangsung pada tanggal 11 Juni – 11 Juli 2021.

Penundaan ini merupakan tindakan yang menunjukkan tekad dari UEFA untuk menghadapi pandemi virus corona.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyebut “ini krisis terbesar yang dihadapi sepakbola dalam sejarahnya”.

UEFA dengan 55 asosiasi sepakbola nasional Eropa, Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa dan persatuan pemain internasional Fifpro mengkonfirmasi laporan bahwa tanggal sementara telah dijadwalkan secara optimis 27 Juni untuk final Champions League dan 24 Juni untuk final UEFA League.

Baca juga: Efek Wabah Corona, Nasib Olimpiade 2020 Ditentukan Mei

Dua kelompok kerja telah dibentuk oleh UEFA, satu untuk melihat kemungkinan dimulainya kembali dari musim baru klub “dengan cara yang koheren.” Alasan yang lain “Untuk menilai dampak ekonomi, keuangan dan peraturan dari wabah Covid-19 dan mengusulkan langkah-langkah untuk membantu mengurangi konsekuensi dari pandemi .”

Ceferin dan Gianni Infantino, presiden FIFA, menekankan bahwa kesehatan masyarakat di seluruh Eropa dan dunia adalah prioritas yang paling mendesak.

Infantino juga mengatakan FIFA pada hari Rabu akan mengadakan panggilan konferensi dari biro dewannya dan komite pemerintahan. Di sana ia akan menyarankan untuk memberikan sumbanganUSD 10 juta kepada Organisasi Kesehatan Dunia Covid-19 sebagai dana respon solidaritas dan untuk membantu anggota komunitas sepak bola yang terkena dampak krisis ini.

Ceferin, dalam sebuah wawancara dengan Associated Press, menyampaikan bahwa virus mengerikan yang ada di seluruh Eropa ini membuat kompetisi sepakbola mustahil dilakukan. Ia mengajak untuk berpikir tentang kesehatan dan keluarga dari para pemain. Dan tentu saja, harus memikirkan sepakbola secara keseluruhan. Itulah sebabnya diambil keputusan untuk menunda EURO 2020 menjadi EURO 2021.

Kompetisi sepak bola Piala Eropa (EURO) merupakan kompetisi bergengsi setelah Piala Dunia (World Cup). Diikuti oleh 24 negara Eropa dengan 12 negara sebagai tuan rumah. Berbeda dengan World Cup yang diikuti 32 negara dari seluruh dunia dan 1 negara sebagai tuan rumah. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply