Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Film soal Virus Mematikan, dari Zombie Hingga yang Mirip Corona

Adegan di film Contagion

Topcareer.id – Pandemi virus corona saat ini tengah menjadi ancaman. Berbagai imbauan untuk mencegah penyebarannya pun beredar di seluruh dunia, mulai dari menjaga kebersihan diri, hingga social distancing.

Beberapa penikmat film menggambarkan kekacauan yang terjadi sekarang layaknya beberapa adegan di film rilisan tahun 2008, Contagion. Meski tak ada hubungannya dengan virus corona, film itu memang terasa relevan karena bercerita tentang pandemi virus sejenis flu yang mengakibatkan banyak kematian.

Nah, ngomong-ngomong soal hal itu, berikut kami suguhkan 5 film yang menyajikan tema tentang virus mematikan. Mulai dari flu mematikan, hingga yang merubah orang menjadi zombie.

Outbreak
Outbreak garapan Wolfgang Peterson mungkin jadi film paling lawas yang ada di daftar ini. Tapi jangan salah, film ini mampu membuat kamu deg-degan dan terpaku lewat ceritanya yang apik.

Outbreak bercerita tentang virus bernama Motaba yang menyerang kota setelah tak sengaja terbawa oleh seekor monyet buruan yang ditangkap dari hutan di Afrika. Orang-orang yang terkena virus ini diceritakan akan mengalami demam tinggi hingga akhirnya meninggal dunia.

Outbreak dibintangi oleh Morgan Freeman, Dustin Hoffman, dan Kevin Spacey. Ketika film ini rilis, dunia tengah dibuat was-was dengan kemunculan virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (di tahun itu masih dikenal dengan nama Zaire),

Rise of the Planet of the Apes
Disutradarai oleh Rupert Wyatt, Rise of the Planet of the Apes menceritakan usaha manusia untuk menemukan obat penyakit Alzheimer. Mereka mengembangkan sebuah obat bernama ALZ-112 yang kemudian diujicobakan ke seekor simpanse bernama Green Eyes.

Di tengah nasibnya sebagai bahan eksperimen, Green Eyes melahirkan simpanse jantan yang diberi nama Cesar. Sebuah kecelakaan yang membunuh Green Eyes akhirnya membuat Cesar jadi satu-satunya bintang dalam penelitian ini.

Cesar kemudian diurus dan dibesarkan oleh salah satu peneliti, Dr. William “Will” Rodman (James Franco).

Semakin besar, Cesar semakin menunjukan kecerdasan yang nyaris menyamai manusia. Di sisi lain, versi terbaru dari ALZ-112 yang diberi nama ALZ-113 justru berbalik menjadi pandemi global yang mengancam hidup jutaan manusia di seluruh dunia.

Sejauh ini, Rise of the Planet of the Apes telah berlanjut menjadi trilogi lewat film Dawn of the Planet of the Apes (2014) dan War of the Planet of the Apes (2017). Jika kamu ingin menonton film tentang pandemi global serta bagaimana bangsa kera mengambil alih peradaban manusia, ketiganya wajib kamu tonton.

28 Days Later
Bagi para penyuka film zombie, 28 Days Later jelas tak boleh dilewatkan. Film garapan Danny Boyle ini bercerita tentang kebocoran virus yang sangat menular dan mampu membuat penderitanya menjadi pemangsa yang mengerikan.

Dibintangi oleh Cillian Murphy, 28 Days Later menggambarkan bagaimana virus ini memporak-porandakan Inggris hanya dalam 28 hari. Para manusia yang tersisa pun harus berjuang menyelamatkan diri dari kejaran para penderita yang kapan saja mampu mengejar dan mencabik-cabik tubuh mereka.

Blindness
Diadaptasi dari novel karangan José Saramago, Blindness bercerita tentang pandemi global yang membuat orang-orang kehilangan penglihatannya. Disutradarai Fernando Meirelles dan dibintangi oleh Julianne Moore dan Mark Ruffalo, film ini sukses menggambarkan kepanikan dunia akibat penyakit misterius ini. Blindness adalah film yang menegangkan dan mampu mengingatkan kita untuk bersyukur dengan kesehatan yang kita miliki sekerang.

Contagion
Film rilisan 2008 ini belakangan tenar lagi. Penyebabnya lantaran permasalahan yang disuguhkan di film itu terasa relevan dengan pandemi Corona yang tengah terjadi sekarang, meski dalam film penularannya digambarkan jauh lebih brutal dan cepat.

Disutradarai oleh Steven Soderbergh, Contagion berkisah tentang virus MEV-1 yang satu demi satu menjangkiti orang-orang di seluruh dunia. Penularannya cepat seperti flu, dengan gejala mulai dari batuk, demam tinggi, pusing, hingga akhirnya berujung kematian.

Kabarnya, karena ceritanya mirip dengan virus corona, sang penulis skenario, Scott Z. Bruns sampai dicecar media, lho. Ia pun membantah tuduhan yang menyatakan jika cerita yang ia buat adalah ramalan pandemi Corona.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply