Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 16, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ilmuwan: 60% Penduduk Dunia Akan Terinfeksi Corona

Warga Jepang memakai masker. (dok. Somag News)

Topcareer.id – Pandemi virus corona (COVID-19) dapat menyebar pada dua pertiga atau sekitar 60% populasi dunia jika tidak dapat dikendalikan.

Sebagian besar ahli berpikir bahwa setiap orang yang terinfeksi akan terus menularkan virus ke sekitar 2,5 orang lainnya. Itu memberi “tingkat serangan” 60-80%.

“Enam puluh persen dari populasi dunia adalah jumlah yang sangat besar,” kata Prof Gabriel Leung, ketua kedokteran kesehatan masyarakat di Universitas Hong Kong.

Bahkan jika tingkat kematian umum serendah 1%, yang menurut Leung mungkin terjadi setelah kasus-kasus yang lebih ringan diperhitungkan, angka kematian akan sangat besar.

Baca juga; Analis Sebut Virus Corona Bakal Menginfeksi Setengah Populasi Dunia

Dia mengatakan pada pertemuan WHO bahwa masalah utama adalah skala epidemi yang berkembang di seluruh dunia dan prioritas kedua adalah untuk mengetahui apakah langkah-langkah drastis yang diambil oleh China untuk mencegah penyebaran telah berhasil – karena jika demikian, negara-negara lain harus berpikir untuk mengikuti mereka.

Dikutip dari Guardian, Kamis (26/3/2020), pertemuan Jenewa menyatukan lebih dari 400 peneliti dan otoritas nasional, termasuk beberapa yang berpartisipasi melalui konferensi video dari China daratan dan Taiwan.

“Dengan 99% kasus di China, ini sangat darurat bagi negara itu, tetapi yang memiliki ancaman sangat besar adalah bagi seluruh dunia,” kata direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidato pembukaannya.

Leung, salah satu pakar epidemi virus corona dunia, yang memainkan peran utama dalam wabah SARS pada 2002-2003 bekerja sama dengan ilmuwan terkemuka lainnya seperti rekan di Imperial College London dan Universitas Oxford.

Berbagai pertanyaan

Ahli epidemiologi dan ilmuwan sedang mencoba mencari tahu apa yang mungkin terjadi, kata Leung. “Apakah 60-80% populasi dunia akan terinfeksi? Mungkin tidak. Mungkin ini infeksi akan datang per-gelombang. Mungkin virus ini akan melemahkan sifat mematikannya karena jika tidak, itu pasti akan membunuh virus itu sendiri, ”katanya.

Para ahli juga perlu tahu apakah pembatasan di pusat Wuhan dan kota-kota lain di berbagai negara di dunia telah mengurangi infeksi.

Baca juga: Sejumlah Pejabat Dunia yang Terinfeksi Virus Corona

Untuk saat ini, tindakan penahanan sangat penting. Leung mengatakan periode waktu ketika orang terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apapun tetap menjadi masalah besar.

Karantina diperlukan, tetapi untuk memastikan orang tidak membawa virus ketika mereka pergi, setiap orang idealnya harus diuji setiap beberapa hari. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply