Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Dilema Tenaga Medis yang Hamil di Saat Pandemi Corona

Ilustrasi. (dok. Youtube)

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) belum mendokumentasikan peningkatan risiko untuk orang hamil atau janin yang terpapar virus. Tetapi beberapa ahli CDC telah memperingatkan bahwa tertular virus corona saat hamil dapat membuat wanita rentan terhadap masalah pernapasan yang parah seperti pneumonia.

“Secara umum, wanita hamil adalah kelompok yang rentan terhadap penyakit menular karena perubahan fisiologi dan penekanan kekebalan,” kata Dr. Ruth Ann Crystal, dokter kandungan terlatih Stanford yang berbasis di Bay Area, dikutip dari CNBC.

Takut kehilangan pekerjaan

Di satu rumah sakit di New York, seorang dokter hamil dan perawat hamil mengatakan kepada CNBC bahwa mereka berada dekat dengan pasien atau rekan staf yang telah didiagnosis dengan virus. Keduanya meminta anonimitas sehingga mereka dapat berbicara dengan bebas tentang situasi tersebut.

Perawat mengatakan dia memberi tahu atasannya lebih dari sebulan yang lalu dan diberitahu oleh staf senior untuk tetap merawat pasien di rumah sakit sambil mengenakan masker bedah, sebuah arahan yang berbeda dari pesan yang lebih luas kepada karyawan.

Daripada mematuhi instruksi ini, perawat mengatakan dia tidak lagi bekerja, menempatkan pekerjaannya dalam risiko. Dia mengatakan dua rekannya baru-baru ini didiagnosis kena virus corona.

Baca juga: Corona Kian Mewabah, AS Perintahkan Keluarga Staf Kedutaan Tinggalkan Indonesia

Dokter, yang bekerja di ruang gawat darurat, mengatakan dia memberi tahu manajernya tentang kehamilannya jauh lebih awal daripada yang seharusnya dia lakukan karena rumah sakit tidak memiliki kebijakan resmi tentang apakah pekerja medis yang hamil harus terus merawat pasien secara langsung.

Salah satu atasannya menyarankan dia untuk beralih ke fulltime telemedicine sehingga dia bisa tinggal di rumah, sementara yang lain mengatakan dia diperlukan karena kekurangan dokter pengobatan darurat.

Jane van Dis, seorang dokter kandungan yang bekerja untuk Maven Clinic, mengatakan bahwa dokter dan perawat yang hamil harus pindah ke telehealth sebanyak mungkin. Karena penyakit yang baru, mungkin ada risiko yang tidak dipahami dengan baik meskipun menyebar.

“Dengan cara yang sama, banyak organisasi layanan kesehatan memindahkan praktisi lama mereka ke pengobatan jarak jauh,” katanya. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply