Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Kerja di Rumah Ditemani Hewan Peliharaan Bagus untuk Kamu. Kenapa?

Ilustrasi. (dok. The Dogington Post)

Topcareer.id – Punya hewan peliharaan apa nih di rumah kamu? Berterima kasihlah pada mereka karena hewan peliharaan rumah seperti pahlawan tanpa tanda jasa yang menemani saat pandemi wabah virus corona ini.

Faktanya, menurut penelitian menunjukkan hewan peliharaan dapat membuat lebih bahagia, lebih sehat, lebih sedikit stres, dan lebih produktif di tempat kerja. Para peneliti telah lama mengetahui bahwa memiliki hewan peliharaan di tempat kerja bisa menjadi hal yang positif.

Sebuah studi tahun 2012 dari Virginia Commonwealth University menemukan bahwa karyawan di sebuah bisnis ritel yang membawa anjing mereka ke tempat kerja memiliki kepuasan kerja yang lebih tinggi daripada norma-norma industri dan memiliki tingkat stres peringkat terendah sepanjang hari.

Baca juga: 8 Cara Hindari Cemas dan Selesaikan Pekerjaan di Tengah Pandemi Corona

Dari pemilik anjing yang datang untuk bekerja dengan seekor anjing, 50% mengatakan memiliki hewan peliharaan mereka penting untuk produktivitas mereka.

Tergantung pada temperamen hewan peliharaan dan perasaan individumu sendiri tentang hewan peliharaan. Temuan ini dapat berlaku untuk situasi COVID-19 selama WFH, Sandra B. Barker, profesor psikiatri di Fakultas Kedokteran VCU.

“Jika kamu memiliki kucing yang menginginkan perhatian dan terus-menerus melompati keyboard laptopmu, itu mungkin lebih merupakan kejengkelan dan frustrasi,” kata Barker dalam laman CNBC Make It.

“Di sisi lain, jika kamu berurusan dengan masalah stres dan kucing mendengkur, itu bisa sangat menenangkan,” katanya.

Penelitian lain menunjukkan, memiliki hewan peliharaan di rumah membantumu merespons dengan lebih baik terhadap situasi stres.

Anjing bantu jaga kesehatan mental

Anjing khususnya membantumu menjaga rutinitas dan tetap aktif, yang menurut para ahli sangat penting untuk kesehatan mental dan fisikmu selama pandemi COVID-19.

“Pemilik anjing adalah individu yang biasanya berjalan lebih banyak dan berolahraga lebih banyak, dan kami tahu ini adalah hal yang baik untuk kesehatan kita. Dan jika kita sehat, maka jelas akan melakukan pekerjaan yang lebih baik,” kata Baker.

Untuk alasan ini, penelitian telah menunjukkan bahwa pemilik anjing cenderung hidup lebih lama dan memiliki hasil kardiovaskular yang lebih baik. Saran Barker bagi pemilik hewan peliharaan adalah memanfaatkan waktu di rumah untuk menjalin ikatan dengan hewan peliharaan dengan berbagai cara.

Baca juga: Ragam Camilan Sehat untuk Temani Kamu Kerja dari Rumah

 Sebagai contoh, alih-alih istirahat kantor yang biasa kamu lakukan untuk pergi ke minum kopi, pertimbangkan untuk mengajak anjing jalan-jalan, atau membelai kucing sejenak.

“Ini bisa menjadi perilaku yang benar-benar sehat bagi orang-orang yang mereka ambil saat mereka di rumah,” katanya.

Dan bahkan jika kamu tidak memiliki hewan peliharaan di rumah, cukup menonton video hewan peliharaan mungkin cukup untuk meningkatkan suasana hatimu juga. Studi menunjukkan bahwa menonton video kucing memberimu lebih banyak energi dan bahkan membuatmu lebih produktif pada tugas-tugas yang membutuhkan fokus. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply