Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Buah dan Sayuran Menurut Warnanya

Buah dan sayur (dok. American Heart Association)

Topcareer.id – Kamu wajib paham, kebanyakan penyakit, seperti jantung, kanker, diabetes atau obesitas berasal dari makanan yang kita santap. Namun, mengonsumsi buah dan sayuran belum tentu menjamin asupan nutrisi yang cukup. Terutama dari buah dan sayur yang kurang berwarna. Apa maksudnya?

Ya, warna makanan ternyata mampu mengungkap nutrisi yang terkandung di dalamnya. Itulah kesimpulan Dr. David Heber, seorang ahli nutrisi dan pencegahan kanker pada Reader’s Digest. Nah, sayuran seperti selada air atau kentang dikatakan tidak cukup memiliki nutrisi yang tinggi. Sebab, keduanya tak memiliki warna cerah.

Ini bisa jadi patokan. Dikatakan, buah dan sayur yang memiliki warna cerah mengandung zat yang mampu mengurangi berbagai penyakit, yang disebut phytonutrients.

Berikut warna-warna cerah pada buah dan sayur beserta manfaat dan jenis-jenisnya yang wajib kamu tahu.

Baca juga: Jenis Diet Ini Mungkin Tak Cocok Saat Wabah Virus Corona Melanda

Merah/ungu
Manfaat: Buah dan sayur berwarna merah atau ungu mengandung anthocyanins, anti oksidan kuat yang mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.
Jenis: blackberry, blueberry, cherry, cranberry, terung, plum, buah prune, anggur merah atau ungu, raspberry, apel merah, kembang kol merah, pear merah, merica merah, stroberi

Merah
Manfaat: Warna merah seperti dalam tomat memiliki dosis lycopane yang cukup, sebagai anti okdsidan melawan kanker.
Jenis: tomat, jambu biji, semangka

Oranye
Manfaat: Betakaroten di dalam makanan berwarna oranye mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit, serta mengurangi risiko terkena kanker jenis tertentu.
Jenis: aprikot, wortel, mangga, labu, ubi

Hijau
Manfaat: Makanan berwarna hijau memiliki zat alami bernama isothiocynates, yang terdiri dari sulforaphane dan indoles, yang semuanya mampu menstimulasi produksi enzim anti-kanker hati.
Jenis: brokoli, kol, kembang, kol cina

Lihat manfaat warna lain di halaman berikut>>

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply