Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Walau Corona Mewabah, Jangan Cuci Buah dan Sayuran dengan Sabun

Ilustrasi. (dok. Modern Farmer)

Tapi saran lain yang diberikan VanWingen kurang ilmiah. Misalnya, VanWingen menyarankan orang untuk menyimpan bahan makanan baru di garasi atau teras selama setidaknya tiga hari, jika memungkinkan. (Kemudian, dalam wawancaranya dengan Live Science, VanWingen mengatakan ini tidak berlaku untuk barang-barang yang didinginkan atau dibekukan.)

Kemudian, VanWingen menyarankan agar kontainer yang dibeli di toko didesinfeksi atau dibuang.

Sebuah studi baru-baru ini di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa virus itu dapat bertahan di atas kardus selama 24 jam dan plastik dan stainless steel selama 72 jam, meskipun konsentrasi keseluruhan turun secara signifikan pada saat itu.

Tetapi praktik mengkarantina dan kemudian membersihkan wadah makanan sebelum meletakkannya di lemari es atau dapur tidak diperlukan, kata Chapman.

Adapun saran desinfektan VanWingen, “itu tidak didasarkan pada ilmu apa pun,” kata Chapman. Cara yang lebih baik untuk menangani bahan makanan baru adalah dengan menyimpannya dan kemudian mencuci tangan dengan sabun dan air, atau menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: Tips Mencari Pekerjaan Baru di Tengah Pandemi Virus Corona

“Membersihkan tangan adalah kuncinya,” kata Donald Schaffner, seorang spesialis dalam ilmu makanan dan seorang profesor terkemuka di Rutgers University di New Jersey. “Anda harus membersihkan tangan setelah kembali dari toko. Dan jika masih merasa khawatir setelah menyimpan semua bahan makanan, cuci tangan atau gunakan hand sanitizer,” katanya.

Adapun orang yang khawatir tentang kemasan makanan menyimpan virus, “Saya mengerti,” kata Schaffner. “Tapi ini masalahnya, mungkin bukan pada makanan. Dan bahkan jika itu pada makanan, itu tidak akan membuatmu sakit karena memakan makanan itu.” Seperti yang dikatakan Chapman kepada Live Science dalam wawancara sebelumnya, secara teori, coronavirus tidak bertahan dengan baik di perut yang sangat asam.

Dalam video tersebut, VanWingen menyarankan buah dan sayuran direndam dalam air sabun dan kemudian mencucinya dengan sabun selama 20 detik. Tetapi melakukan hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti iritasi gastrointestinal ringan dengan mual, muntah, diare dan sakit perut. Itu karena produk berpori, sehingga dapat menyerap sabun, kata Chapman.

Baca juga: 6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Paru-Paru

“Konsumen tidak boleh mencuci buah dan sayuran dengan deterjen atau sabun,” menurut Departemen Pertanian AS (USDA). “Produk-produk ini tidak disetujui atau dilabeli oleh Food and Drug Administration (FDA) A.S. untuk digunakan pada makanan. Orang dapat menelan residu dari sabun atau deterjen yang diserap pada produk.

Meskipun tidak disebutkan dalam video, internet merajalela dengan saran tidak ilmiah lainnya, seperti menggunakan larutan pemutih encer, jus lemon atau cuka untuk mencuci produk selama wabah COVID-19. Sekali lagi, tidak ada bukti ilmiah bahwa semua ini berhasil, kata Chapman. Selain itu, menelan pemutih berbahaya. *

Sebaiknya, bilas buah-buahan dan sayuran segar dengan air dingin. “Itu mungkin menghapus 90 hingga 99% dari apa yang ada di sana.”

Namun, para ilmuwan makanan setuju dengan VanWingen pada satu poin utama yaitu “Risiko terbesar Anda dari bahan makanan dan virus corona adalah waktu yang Anda habiskan di toko di sekitar orang-orang yang memiliki virus corona yang berada di toko,” kata Schaffner. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply