Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Orang yang Stres Rentan Terkena Infeksi, Termasuk Meningitis

Stres dan infeksi, apa kaitannya?

“Populasi Swedia, gangguan terkait stres dikaitkan dengan risiko infeksi yang mengancam jiwa, setelah mengendalikan latar belakang keluarga dan komorbiditas fisik atau kejiwaan,” analisis tersebut mengungkapkan, dikutip dari Medical News Today.

Secara khusus, hasilnya menunjukkan 63% risiko lebih tinggi terkena meningitis di antara mereka yang memiliki gangguan terkait stres, dan risiko endokarditis 57% lebih tinggi, dibandingkan dengan saudara kandung yang tidak memiliki kondisi terkait stres.

Baca juga: 6 Langkah Hadapi Stres di Tempat Kerja

Juga, gangguan penggunaan narkoba semakin meningkatkan risiko ini. Sebaliknya, menggunakan inhibitor reuptake serotonin selektif pada tahun pertama memiliki diagnosis gangguan terkait stres menurunkan risiko ini.

Karena ini adalah penelitian observasional, penelitian tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat. Namun, dalam taut editorial yang terkait, Prof. Jonathan Bisson – dari Universitas Cardiff di Inggris – mengeksplorasi beberapa mekanisme yang mungkin dapat menjelaskan temuan.

“[A] poros hipotalamus-hipofisis-adrenal yang terganggu, dengan penurunan kadar kortisol atau reseptor resistansi adalah salah satu jalur tersebut,” katanya. Hal ini pada gilirannya dapat memicu peradangan berlebihan.

Song dan rekannya menyampaikan bahwa dalam temuan itu, gangguan yang berhubungan dengan stres dapat mengakibatkan produksi sitokin inflamasi yang berlebihan. Namun, baik penulis penelitian dan Prof. Bisson mengingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply