Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Jauh Sebelum Negara Lain, Republik Ceko Perintahkan Warganya Selalu Pakai Masker (Dan Sukses Tekan Corona)

Warga Praha, Ceko. (dok. Praguemorning.cz)

Topcareer.id – Keputusan Republik Ceko untuk memerintahkan setiap warganya menggunakan masker wajah tanpa terkecuali di saat pandemi corona menarik perhatian.

Penulis Ceko Petr Ludwig dan aktris Aneta Kernova memposting video di Youtube berjudul “How to Significantly Slow Coronavirus?”. Hanya dalam waktu seminggu video berdurasi tiga setengah menit ini telah menarik perhatian beberapa media internasional, termasuk CNN. Video itu juga telah ditonton lebih dari empat setengah juta kali di Youtube.

Dalam video tersebut, Kernova mengajak negara-negara lain untuk mendorong setiap warga menggunakan masker wajah di ruang publik, seperti yang dilakukan oleh Republik Ceko untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Baca juga: Apa Pakai Masker Saja Efektif Tangkal Virus Corona?

Perdana Menteri Ceko Andrej Babiš juga meningkatkan video views setelah membagikan di Twitter-nya. Dalam pos yang ditujukan kepada Presiden AS Donald Trump, Babiš mendorong Trump untuk wajib mengenakan masker di ruang publik dan melampirkan video yang menggunakan tagar #Masks4All.

Republik Ceko adalah negara Eropa pertama yang mewajibkan semua warga negaranya untuk mengenakan masker di tempat umum, sebuah kebijakan yang menimbulkan keraguan, terutama setelah beberapa otoritas kesehatan mempertanyakan efektivitas masker wajah untuk memerangi virus corona.

Seperti dilansir Praguemorning.cz, otoritas kesehatan di Ceko sekarang mengatakan metode ini efektif untuk membendung penyebaran coronavirus, membuat Republik Ceko terlihat jauh lebih rata kurva kesehatan masyarakatnya.

Jika cukup banyak negara mulai mendorong masker wajah untuk memperlambat penyebaran penyakit dan “meratakan kurva”, itu bisa menyelamatkan ribuan nyawa.

Baca juga: Pakai Masker Kain Cara Terbaik Tangkal Corona Saat Ini

Mengomentari keberhasilan Ceko dalam “meratakan kurva” penyebaran virus corona, Kernová mengatakan bahwa dia terkejut bahwa orang-orang di seluruh dunia pertama kali menertawakannya dan bahkan menyerang.

Meskipun Presiden AS Donald Trump tidak pernah mengakui tweet dari Babiš, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat kini merekomendasikan semua orang Amerika untuk mengenakan masker tanpa terkecuali di muka umum.

Namun CDC tetap memperingatkan para warga bahwa menggunakan masker wajah tidak akan menggantikan pedoman untuk menjaga jarak sosial yang ada.

Prakarsa Ceko ini dipuji oleh Jeremy Howard dari Washington Post, yang menunjukkan bahwa mengenakan masker sekarang dianggap sebagai perilaku pro-sosial di Republik Ceko.

Pada hari Rabu (1/4), video yang mendesak semua orang untuk memakai masker wajah di tempat umum ini juga mendapat perhatian dari CNN.

Wakil Perdana Menteri Ceko Karel Havlíček kemudian mengomentari laporan CNN, yang menyatakan bahwa Republik Ceko telah menginspirasi negara-negara lain. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply