Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Penyebab Malas saat Work From Home dan Cara Mengatasinya

Sumber foto: hibob.com

Alasan ketiga: Kamu burnout
Ada banyak penelitian yang menyebutkan bagaimana pekerja remote atau WFH lebih produktif daripada rekan-rekan mereka di kantor, karena mereka tidak mengalami berbagai gangguan yang ada di kantor.

Namun, terkadang kamu tidak merasa bahwa kamu sudah terlalu banyak bekerja hingga akhirnya burnout. Ini terjadi karena merasa nyaman berada di rumah, bekerja di atas sofa atau tempat tidur empuk kamu. Begitu tersadar, kamu merasa sangat lelah dan merasa malas untuk mulai kerja kembali.

Lakukan hal ini: Pikirkan bahwa kamu memang pantas beristirahat. Jika jadwal kamu menawarkan fleksibilitas semacam ini, cobalah siapkan meja kerja sendiri untuk bekerja di rumah, agar saat kamu merasa lelah, kamu bisa beristirahat di sofa kesayanganmu atau di tempat tidur.

Karena kamu bekerja jauh dari tempat-tempat tersebut, ketika kamu merasa cukup istirahat, kamu tidak akan merasa malas untuk kembali bekerja.

Alasan keempat: Banyak gangguan
Saat WFH, kamu mungkin tidak harus berurusan dengan gangguan kantor. Tidak ada teman seruangan yang melakukan percakapan telepon dengan suara yang terlalu kencang, atau rekan kerja yang muncul secara tiba-tiba untuk minta pertolongan.

Tetapi, itu tidak berarti bahwa lingkungan kerja di rumah benar-benar bebas gangguan. Rumah dan anggota keluarga di dalamnya justru menawarkan banyak tugas tambahan yang bisa mengacaukan dan membuatmu jadi malas bekerja.

Lakukan hal ini: Jika kamu tahu tugas di rumah yang mengganggu kamu dapat dibereskan dalam waktu yang cukup singkat, silakan lakukan segera dan selesaikan. Itu akan jauh lebih baik daripada mencoba menghindarinya selama bekerja beberapa jam ke depan.

Ketika WFH, garis pemisah antara kehidupan profesional dan pribadi memang mudah menjadi kabur. Karena itu, keterampilan mengidentifikasi gangguan dan menghadapinya sangat diperlukan agar bisa terhindar dari rasa malas akibat gangguan-gangguan kecil, sehingga kamu bisa optimal bekerja dari rumah.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply