Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Data Covid-19 Indonesia: 4.839 Positif, 139.137 ODP dan 10.482 PDP. Apa Artinya?

Penanganan corona di Indonesia. (dok.KataData)

Presiden Jokowi mengatakan saat ini Indonesia melakukan 2.200 tes rantai polimerase (PCR) sehari. Presiden mengatakan Indonesia telah melakukan 27.000 tes PCR. Ia berjanji akan meningkatkan kemampuan tes corona hingga empat kali lipat.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan akan meningkatkan kemampuan 78 laboratorium agar memiliki kapasitas pengujian corona di Indonesia. Saat ini, baru terdapat 25 laboratorium yang mampu melakukan uji penyakit menular (Koran Tempo, 15/4/2020).

Tentu saja, 25 laboratorium yang tersedia saat ini sangat kurang. Begitu pula bila hanya ditambah jadi 78 laboratorium.

Korea Selatan bisa menjadi contoh negara yang sukses mengatasi penyebaran virus corona. Negeri-nya Blackpink itu melakukan tes terhadap 10.000 orang per hari pada minggu pertama Februari. Kemudian, Korea rata-rata melakukan 12.000 tes per hari, memanfaatkan tempat parkir mobil dan klinik untuk melakukan tes dengan cara drive-through di seluruh negeri.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Paling baik di rumah saja. Bila harus keluar rumah, gunakan masker agar tak terkena tetesan air (droplet) mereka yang mungkin diam-diam menyimpan virus di tubuhnya.

Sampai di rumah, segera cuci tangan dan mandi hingga bersih. Jangan menyentuh istri, orangtua atau anak kamu sebelum kamu yakin sudah bersih. Perilaku hidup sehat dan disiplin ini yang akan menyelamatkan kita semua dari wabah corona. Lain tidak.*

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply