Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Eits, Cuci Masker Kain Tak Boleh Sembarang! Begini Cara yang Tepat

Ilustrasi. (dok. The EconomicTimes)

Topcareer.id – Berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Pemerintah meminta agar semua masyarakat selalu menggunakan masker kain ketika hendak beraktivitas di luar rumah.

Hal ini karena masker kain dipercaya dapat mengurangi percikan di saluran nafas alias droplet yang menjadi penyebab penyebaran virus corona sebanyak 71% hingga 97%.

Meskipun masker kain kini sudah banyak digunakan masyarakat, tetapi banyak yang belum tahu kalau masker kain ternyata tidak boleh dicuci secara asal-asalan karena dapat mengurangi efektivitas dan kebersihan dari masker itu sendiri.

Baca juga: Pakai Masker Kain Cara Terbaik Tangkal Corona Saat Ini

Nah, agar masker kain kamu tetap berfungsi dengan baik, berikut cara mencuci masker yang benar dan tepat ala dr. Reisa Broto Asmoro.

Sebelum mencuci masker, terlebih dahulu kamu menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan yang diperlukan seperti deterjen atau penghilang noda yang mengandung zat hidrogen peroksida, air hangat dengan suhu minimal 35°C, baskom, sarung tangan dan handuk bersih.

Untuk mulai mencuci masker kain, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan sabun sampai bersih dan gunakan sarung tangan.

Jika sudah, isi baskom dengan air hangat dan tuangkan deterjen atau pemutih sesuai instruksi pada kemasan, aduk hingga merata. Selanjutnya masukan masker ke dalam baskom yang berisikan larutan tadi dan rendam selama 10 menit.

Setelah itu, kamu bisa menggucek masker dengan menggunakan tangan secara perlahan. Jangan mengucek terlalu kuat, ya. Sebab hal ini untuk menjaga efektifitas serta menghindari kerusakan serat pada kain masker.

Kemudian bilas di air yang mengalir. Di tahap ini pastikan tidak ada sisa pembersih yang tersisa di masker, ya.

Terakhir, serap cairan di masker dengan menepuk-nepuk setiap sisi masker menggunakan handuk bersih lalu jemur masker di tempat yang langsung terpapar cahaya matahari dan memiliki ventilasi udara yang baik. Dan jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya.

Mudah bukan? Yuk, coba mulai mencuci masker kain dengan benar. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply