Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Vitamin yang Wajib Kamu Tahu

Vitamin C

Topcareer.id – Di musim hujan yang dibarengi pandemi corona sangat penting buat kamu menjaga tubuh tetap sehat. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung vitamin. Eits, tapi kelebihan vitamin berbahaya juga, lho.

Vitamin diperlukan tubuh manusia untuk metabolisme. Vitamin juga berperan melindungi sel-sel tubuh, terutama sel-sel otak dari kerusakan dan penurunan fungsi-fungsinya.

Hm, kamu mungkin sudah paham tentang bahaya kekurangan vitamin. Tapi, bagaimana dengan kelebihan vitamin?

Baca juga: Pentingnya Vitamin Alami untuk Kekebalan Tubuh

Dengan banyaknya aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, tentu memakan energi yang banyak pula, terutama pada usia remaja, seperti kamu gitu deh. Makanya, kita membutuhkan peremajaan sel setiap saat. Jika, kita kekurangan vitamin, peremajaan sel nggak akan maksimal.

Begitu pula halnya dengan kelebihan vitamin, jika kita mengonsumsi secara berlebihan keseimbangan pun bisa terganggu dan menyebabkan peremajaan sel nggak stabil. Berikut kami paparkan lebih jelas bahaya kekurangan dan kelebihan vitamin sesuai kelompok vitaminnya.

Vitamin A
Bahaya kekurangan: Rentan terhadap penyakit-penyakit infeksi, gangguan penglihatan, kekeringan pada selaput dan kornea mata, serta pecahnya biji mata dan kekeringan pada kulit tubuh.

Bahaya kelebihan: “Keracunan” yang mengakibatkan tulang rapuh, menyebabkan nyeri pada persendian, sakit kepala, kelelahan, kulit kering, bersisik dan berubah warna menjadi kekuning-kuningan serta kerusakan/pembengkakan hati.

Vitamin B Kompleks
Bahaya kekurangan: Rentan terserang beri-beri dan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Kepekaan terhadap cahaya berkurang, sudut bibir pecah-pecah. Mengganggu system saraf, kulit gampang rusak, lidah jadi licin, mudah terserang diare, temperamental (mudah marah), atau sering bingung.

Bahaya kelebihan: Jika terjadi kelebihan, vitamin ini akan dibuang keluar tubuh bersama urin. Namun, jika terjadi “kesalahan prosedur” hingga nggak bisa dibuang, kemungkinannya akan terjadi gagal ginjal.

Cari tahu yang lain dii halaman berikutnya>>

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply