Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Rahasia Selalu Bahagia Saat Bekerja: Tanaman Hias

Ilustrasi. (dok. SD.pm)

Topcareer.id – Jika bosan dan stres mulai menghampirimu saat kerja dari rumah di masa pandemi ataupun di kantor, coba cari tanaman hias, letakkan di ruang kerja.

Ada potensi penghijauan di setiap tempat kerja saat ini. Karyawan di satu kantor Yorkshire telah diberi “anggaran pabrik” tahunan sebesar 10 poundsterling masing-masing untuk mengubah lingkungan kerja mereka menjadi hutan rimba.

Melihat tanaman ini setiap hari adalah pengingat kecil namun menenangkan akan kehidupan di luar ruang. Tapi itu tidak berarti sedikit tanaman hijau membuat pekerja terlalu malas untuk bekerja, justru sebaliknya.

Baca juga: Tanaman Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas Kamu di Kantor

Sebuah studi bersama oleh Universitas Cardiff, Universitas Exeter dan Universitas Queensland menemukan bahwa tanaman perkantoran dapat meningkatkan produktivitas pekerja hingga 15 persen.

 “Kegembiraan yang dipancarkan program ini telah berkontribusi langsung pada suasana kantor dan kebahagiaan tim,” kata Lintern salah satu pendiri RotaCloud James Lintern mengatakan kepada Stylist.

Para peneliti memeriksa dampak dari kantor ‘hijau’ pada persepsi staf tentang kualitas udara, konsentrasi, dan kepuasan di tempat kerja, dan memantau produktivitas selama beberapa bulan di dua kantor komersial besar di Inggris dan Belanda.

Mereka menemukan tanaman kantor secara signifikan meningkatkan kepuasan di tempat kerja, tingkat konsentrasi yang dilaporkan sendiri, dan kualitas udara yang dirasakan.

Berkebun telah lama dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik. Sebuah tinjauan pada tahun 2018 menyimpulkan bahwa kebun dan berkebun sangat bermanfaat, mereka harus dimasukkan ke dalam program NHS England untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Beberapa manfaat lain dari tanaman kantor yang bisa diletakkan di ruang kerja rumahmu, seperti dalam laman The Balance Career:

Filter udara

Penelitian dari NASA menunjukkan bahwa tanaman dapat menghilangkan racun dari udara. Jangan mengira kamu tidak memiliki bahan kimia berbahaya di kantor? Pikirkan lagi. Bahan kimia ditemukan dalam furnitur, karpet, tinta pena dan printer dan banyak lagi.

Peningkatan kesehatan

Penelitian dari Norwegia (PDF) menunjukkan bahwa tanaman dapat mengurangi tingkat penyakit, seperti sakit kepala, mata kering, batuk, dan banyak lagi. Tumbuhan juga merupakan pelembab alami, yang dapat mengurangi insiden kulit kering, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

Mood enhancer

Tanaman kantor dapat mengurangi stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan persepsi ruang kerja (menjadikannya tempat yang lebih menarik).

Peningkatan produktivitas

Tak perlu dikatakan bahwa kesehatan dan sikap yang baik mengarah pada produktivitas yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa tanaman juga meningkatkan kewaspadaan dan perhatian, yang juga penting untuk menyelesaikan berbagai hal. Sebuah studi A&M Texas menunjukkan tanaman dapat meningkatkan kreativitas, faktor penting lain dalam produktivitas. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply