Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Masker Transparan, Solusi untuk Para Teman Tuli

Sumber gambar: Instagram @angkie.yudistia

Topcareer.id – Di tengah pandemi Covid-19, pemakaian masker menjadi sebuah keharusan.

Namun, hal itu mungkin menjadi masalah bagi teman penyandang disabilitas, khususnya untuk masyarakat yang memiliki gangguan pendengaran.

Pasalnya, penyandang dengan disabilitas ini umumnya mengandalkan gerak bibir sebagai media komunikasi. Alhasil, ketika menggunakan masker, komunikasi itu menjadi sulit dan terhambat.

Menyikapi hal ini, salah satu staf khusus presiden Jokowi yang juga seorang difabel tuna rungu, Angkie Yudistia memosting sebuah masker transparan di Instagram pribadinya. Apa yang diunggahnya ini bisa jadi jawaban atas permasalahan di atas.

Baca juga: Tangkal Corona, Ini Masker Wajah Mini untuk Bayi Baru Lahir

Ya, berbeda dengan masker pada umumnya, masker yang dipromosikan Angkie ini menggunakan potongan mika transparan di bagian tengah. Hal itu untuk memudahkan para teman tuli untuk membaca gerak bibir pemakainya.

Meskipun saat ini desainnya masih kurang nyaman, namun Angkie akan terus melakukan inovasi hingga masker tersebut terasa nyaman dan aman.

“Sebenernya, masker ini kenyamanannya belum terlalu maksimal jika dipakai lama, itu karena Mika transparan. Tapi, terus dicoba dengan pemilihan bahan dan lebih banyak bahannya memudahkan kita untuk terus bernafas,” ungkap Angkie, Minggu (19/4/2020).

Baca juga: Tips Atasi Kacamata Berembun Saat Memakai Masker

Pada kesempatan tersebut, Angkie dan kerabatnya juga membagikan masker transparan bagi teman-teman yang membutuhkan.

“Caranya, kamu tinggal repost foto ini beserta alasan ‘kenapa saya membutuhkan masker transparan ini.’ Tag @angkie.yudistia dan @jubirsosialpresiden, dan jangan lupa hastag #disabilitascovid19,” tulis perempuan yang juga pendiri Thisable Enterprise ini.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply