Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Tips Rencanakan Keuangan Ramadan di Tengah Wabah Corona

Sumber foto: Medium

3. Aktif mencatat jumlah pengeluaran kamu

Dengan menulis catatan pengeluaran harian menggunakan aplikasi budgeting cerdas akan membantu kamu memonitor berapa uang yang telah kamu habiskan dan berapa sisa jatah budget. Make sure you keep your budget on track. Jadwalkan waktu khusus, satu kali dalam seminggu untuk bisa mereview semua pengeluaranmu. Boleh loh untuk memberi diri kamu reward jika ternyata kamu sukses meminimalisir pengeluaran.

4. Optimalkan THR untuk tujuan finansial jangka panjang

THR itu bukan bonus tambahan yang bisa kamu langsung habiskan untuk daftar wishlist. THR itu adalah rejeki tambahan yang berguna untuk kelangsungan hidup kamu. Prioritaskan THR kamu untuk membayar utang, membangun dana darurat, berinvestasi dan berasuransi.

Buatlah financial goal yang bermakna untuk hidup kamu dengan THR. Kamu bisa memulai untuk mengalokasikan sebagian dana untuk dana pensiun, dana haji juga untuk DP rumah. Wabah corona ini mengajarkan kita betapa pentingnya untuk memiliki safety net.

Baca juga: Begini Panduan Ibadah Ramadan dan Salat Ied Saat Wabah Covid-19 dari Kemenag

5. Bijak dalam mengeluarkan uang

Bersiaplah menghadapi godaan diskon dan tawaran spesial promo menyambut Lebaran. Jika sulit untuk diri kamu menahan tawaran konsumtif tersebut, boleh sementara dihapus aplikasinya dan di-mute dulu notifikasi dari brand-brand kesayangan.

Dahulukan kewajiban seperti membayar zakat fitrah untuk kamu dan keluargamu. Jika ada dana berlebih, alangkah baiknya memberikan uluran tangan bagi saudara yang membutuhkan. Sangatlah penting untuk kita merencanakan kegiatan Ramadan kita.

“Dengan adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian, kita semakin terdorong untuk menjadi lebih cerdas dan cermat dalam mengatur pengeluaran harian untuk memenuhi kebutuhan pokok,” kata Ernest Febrianto, Head of Corporate Marketing Communications, PT Avrist Assurance. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply