Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hindari 5 Kesalahan Saat Menggunakan Masker

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Masker wajah wajib dikenakan saat kita beraktivitas sejak rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO )untuk cegah penularan COVID-19. Ini tak hanya untuk diri sendiri, tapi juga dalam upaya untuk melindungi orang lain di tempat umum.

Tapi, untuk membantu menghentikan penyebaran COVID-19, kamu perlu memakai masker dengan cara yang benar. Namun, masih saja ada orang yang memakai masker dengan cara yang salah, coba hindari kesalahan berikut ini, seperti dalam laman Huff Post:

Kesalahan 1: Masker wajah dipakai hanya menutupi mulut

Jika kamu mengenakan masker hanya menutupi mulut, kamu berisiko jatuh sakit atau membuat orang lain sakit. “Kami sering bernapas sebagian atau seluruhnya melalui hidung, dan kamu dapat terinfeksi dengan menghirup partikel virus,” kata Thomas Russo, kepala divisi penyakit menular di University of Buffalo

Baca juga: Pakai Masker Kain Cara Terbaik Tangkal Corona Saat Ini

“Demikian juga, jika kamu terinfeksi dan masker hanya menutupi mulut, saat kamu bersin maka kamu dapat menghasilkan tetesan pernapasan (droplet) dengan cara itu.” Jika hidung tidak ditutupi oleh masker, kamu juga berisiko terkontaminasi dari masker itu sendiri, yang mengumpulkan kuman dan tetesan di bagian luarnya.

Kesalahan 2: Masker bersentuhan dengan tubuh atau barang-barang

“Kepedulian untuk mengenakan masker yang tidak tepat didasarkan pada risiko kontaminasi,” kata Lucy Wilson, ketua departemen pelayanan kesehatan darurat di University of Maryland, Baltimore County.

“Jika bagian dalam masker menyentuh bagian lain dari tubuh yang terkontaminasi oleh virus, rambut, dahi, dagu, leher, tangan, pakaian lain, maka bagian dalam topeng dikembalikan ke daerah hidung dan mulut di mana merupakan selaput lendir yang rentan, infeksi dapat terjadi.”

Dan jangan biarkan itu bersandar di lehermu saat tidak di wajah. Lebih baik masker tidak berada di leher jika kamu sudah memakainya, karena jika ada jenis kontaminasi.

Baca Juga: Eits, Cuci Masker Kain Tak Boleh Sembarang! Begini Cara Yang Tepat

Kesalahan 3: Masker menggantung terlalu longgar di wajah

Ketika dikenakan dengan benar, respirator N95 yang digunakan dokter sangat cocok untuk wajah. Tetapi jika kamu menggunakan masker bedah atau masker kain buatan sendiri, kamu mungkin membiarkan sisi-sisinya mengendur dengan longgar.

Erin Sorrell, asisten profesor penelitian di departemen mikrobiologi dan imunologi Universitas Georgetown mengatakan tujuannya adalah untuk menciptakan penghalang yang menghalangi udara sebanyak mungkin.

“Kamu tidak akan mendapatkan segel yang sempurna dengan masker bedah atau dengan masker buatan sendiri, tetapi Anda ingin memastikan itu cocok dengan benar. Itu harus nyaman sehingga Anda akan memakainya, tetapi cukup aman sehingga tidak meluncur ke bawah,” kata Sorell.

Kesalahan 4: Masker hanya menutupi ujung hidung

“Jika kamu menutupi hanya ujung hidungmu saja, itu akan meninggalkan celah udara besar di bagian atas masker sehingga udara dapat masuk dan keluar. Itu sebabnya kami menyarankan masker itu berada di pangkal hidungmu dan bukan di ujungnya,” kata Sorell.

Kesalahan 5: Tidak membersihkan masker dengan benar jika menggunakannya kembali

Jika kamu berencana untuk menggunakan kembali maskermu, kamu perlu memastikan itu tidak menjadi satu zona kontaminasi lagi. CDC mengatakan kamu bisa mencuci masker kain buatan sendiri di mesin cuci.

“Aku akan mencucinya setiap hari. Maka kamu setidaknya memastikan bahwa maskermu bersih setiap hari.”*(RW)

Leave a Reply