Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Catat Nol Kematian, 3 Strategi Vietnam Hadapi Pandemi Corona Wajib Ditiru

Suasana Vietnam saat lockdown corona. (dok. VNexpress)

Lockdown yang ditargetkan
Cara jitu kedua dari strategi Vietnam adalah karantina dan lockdown. Sejak pertengahan Februari, orang-orang Vietnam yang pulang dari luar negeri telah dikarantina selama 14 hari pada saat kedatangan dan diuji untuk Covid-19. Kebijakan yang sama diterapkan pada orang asing yang datang ke Vietnam. Jika ternyata seseorang telah melakukan kontak dengan seseorang yang dites positif, mereka akan dikarantina.

Maret lalu Vietnam mulai melakukan lockdown di seluruh kota dan wilayah tertentu. Bepergian antar kota sangat dibatasi. Desa dengan 10.000 orang penduduk dipagari. Bach Mai, sebuah rumah sakit terkenal di Hanoi yang juga merupakan pusat perawatan Covid-19 terkemuka bahkan dikunci total pada akhir Maret setelah seorang anggota staf yang dikontrak secara eksternal dinyatakan positif. Semua operasi bisnis baik negara maupun swasta, industri pariwisata dan penerbangan dibekukan total semua.

Baca juga: Terdampak Covid-19 tapi Belum Dapat Bansos dari Pemerintah? Begini Langkahnya

Komunikasi yang konstan
Sejak awal Januari 2020, pemerintah Vietnam telah berkomunikasi secara luas kepada warga tentang keseriusan pendemi virus corona. Komunikasi sudah jelas menyatakan bahwa Covid-19 bukan hanya sekedar flu yang buruk, tetapi sesuatu yang harus ditangani dengan sangat serius, sehingga orang disarankan untuk tidak menempatkan diri mereka sendiri atau orang lain dalam risiko.

Setiap hari, mulai dari perdana menteri, hingga Kementerian Kesehatan, Kementerian Informasi dan Komunikasi, dan pemerintah provinsi mengirim SMS ke warga negara dengan informasi tentang Covid-19. Rincian tentang gejala dan langkah-langkah perlindungan dikomunikasikan melalui teks ke ponsel di seluruh negeri. Kota-kota Vietnam penuh dihiasi dengan poster yang mengingatkan warga untuk berperan serta menghentikan penyebaran virus.

Tiga strategi Vietnam ini mungkin tidak sepenuhnya konsisten dengan cita-cita liberalnya, namun ini bekerja. Sistem perawatan kesehatan memiliki waktu untuk merawat setiap pasien, dan dengan demikian, jumlah kematian Covid-19 tetap nol. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply