TopCareerID

Vaksin COVID-19 yang Diuji di Jerman Siap pada Akhir Tahun

Ilustrasi

Topcareer.id – Sebuah perusahaan Jerman yang bekerja dengan raksasa farmasi AS Pfizer telah memulai uji coba pada manusia terhadap vaksin Covid-19 potensial yang dapat memasok jutaan pada akhir tahun ini.

Pfizer mengatakan akan mulai menguji vaksin eksperimental di Amerika Serikat pada awal minggu depan, dan mengatakan vaksin bisa siap untuk penggunaan darurat pada musim gugur, Wall Street Journal melaporkan pada Selasa (28/4/2020).

BioNTech yang berbasis di Mainz melaporkan bahwa kohort pertama peserta telah diberikan dosis vaksin potensial, BNT162, dalam studi klinis Fase 1/2 di Jerman.

“Dua belas peserta studi telah divaksinasi dengan kandidat vaksin BNT162 di Jerman sejak awal studi pada 23 April 2020,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari CNN.

Baca Juga: Sabar Ya, Fase 2 Uji Coba Vaksin COVID-19 Pada Manusia Dimulai Musim Semi

Tidak ada informasi tentang hasil yang tersedia saat ini. BioNTech mengatakan sekitar 200 sukarelawan sehat berusia 18 hingga 55 tahun akan diberikan dosis mulai dari 1μg (mikrogram) hingga 100μg untuk menemukan dosis optimal pada studi lebih lanjut.

“Selain itu, keamanan dan imunogenisitas vaksin akan diselidiki,” tambah perusahaan biotek.

Pfizer dan BioNTech berencana untuk memulai uji coba BNT162 di AS pada persetujuan peraturan, yang diharapkan segera, kata pernyataan itu.

Institut Federal Jerman untuk Vaksin dan Obat Biomedis menyetujui uji coba, uji klinis pertama negara itu untuk vaksin terhadap Covid 19, pada 22 April.

Baca Juga: Laporan WHO: 70 Vaksin Virus Corona Dalam Pengembangan

“Kedua perusahaan berencana untuk bersama-sama melakukan uji klinis untuk kandidat vaksin Covid-19 yang awalnya di Eropa dan AS, di beberapa lokasi penelitian,” Pfizer mengumumkan dalam laporan kuartal pertamanya, yang diterbitkan secara online, Selasa (28/4/2020).

“Perusahaan memperkirakan bahwa ada potensi untuk memasok jutaan dosis vaksin pada akhir tahun 2020, tergantung pada keberhasilan teknis dari program pengembangan dan persetujuan oleh otoritas pengawas, dan potensi cepatnya peningkatan kapasitas untuk menghasilkan ratusan juta dosis pada 2021.”

Pfizer bukan satu-satunya kelompok dengan vaksin Covid-19 yang potensial dalam karya ini. Pekan lalu, para ilmuwan di Jenner Institute di Oxford University di Inggris mulai menguji vaksinnya pada manusia dan, tergantung pada hasil uji coba, bisa siap pada awal September.

Para pejabat mengatakan bahwa lebih dari setengah lusin program vaksin berada dalam fase uji klinis dan lebih dari 80 sedang dalam tahap awal. *(RW)

Exit mobile version