Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Belajar atau Kerja di Rumah? Ini 7 Cara Simple Tingkatkan Performa Komputer atau Laptop Kamu

Sumber foto: spaceworks.com

Topcareer.id – Merupakan hal yang tidak dapat dihindari bahwa semua komputer atau laptop akan mengalami penurunan kecepatan saat digunakan untuk bekerja.

Biasanya cara tercepat untuk mengatasi komputer atau laptop yang bekerja sangat lambat dan tidak responsif adalah meng-upgrade hardwarenya seperti menambah RAM atau meningkatkan kelas prosesornya. Jika ingin lebih mudah lagi, belilah komputer atau laptop baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Untuk melakukan itu semua tentunya memerlukan biaya yang sangat banyak. Cobalah bertahan dengan komputer atau laptop yang kamu miliki sekarang. Seperti dikutip dari Store.hp.com, Kamis (30/4/2020) Berikut langkah yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kecepatan komputer atau laptop kamu dan kinerjanya secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Bahaya Tersembunyi Saat Kerja dari Rumah

1.Hapus software yang tidak perlu
Komputer selalu dilengkapi dengan sejumlah aplikasi yang mungkin tidak akan sering digunakan tetapi dapat menghabiskan sumber daya sistem. Kamu biasanya dapat mengidentifikasi ini ketika melihat pop-up yang memintamu untuk memperbarui program yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya. Hapuslah mereka dari komputer agar bisa mengosongkan ruang hardisk.

2. Batasi program saat startup
Kamu juga sebaiknya menentukan aplikasi mana yang akan berjalan ketika PC melakukan boot up. Windows 10 memiliki Task Manager yang diperbarui yang membuatnya lebih mudah untuk menentukan apa yang ingin kamu jalankan pada background dan apa yang nantinya bisa kamu mulai sendiri secara manual.

3. Tambahkan RAM
Dalam hal penggunaan memori, Windows 10 menggunakan lebih sedikit RAM daripada versi sebelumnya, tetapi meningkatkan memori RAM telah menjadi cara yang telah terbukti benar untuk mempercepat perangkat selama bertahun-tahun. Jika kamu memiliki laptop yang parts nya tidak dapat dicabut pasang, kamu mungkin harus puas dengan apa yang tersedia. Beberapa laptop bisnis dan gaming memungkinkan untuk menambah RAM sendiri.

4. Periksa spyware dan virus
Hampir tidak mungkin untuk laptop atau komputer tidak terkena virus di beberapa titik saat menjelajah web. Pertimbangkan untuk menginstal dua jenis software untuk pemantauan kinerja komputer. Program pembersihan malware dan program antivirus. Jika spesifikasi ruang penyimpanan dan memori RAM kurang sesuai, pilihlah salah satu yang terbaik. Sedikit riset bisa membantumu menemukan software yang sesuai dengan anggaran atau dengan jenis sistem operasi spesifik komputer kamu.

Baca poin lain di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply