Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

9 Cara Simple Lindungi Laptop Kamu

Ilustrasi minum kopi saat perut kosong disebut berbahaya.Ilustrasi minum kopi saat perut kosong disebut berbahaya. (Sumber foto: USS Feeds)

6. Gunakan penutup wabcam
Mungkin tidak ada yang lebih buruk untuk privasi daripada RAT (Remote Administration Tool), seperti DarkComet yang terkenal, yang menghidupkan kamera kamu untuk memata-matai kamu. Meskipun secara teori LED di sebelah kamera Anda harus selalu menyala saat kamera aktif, dalam praktiknya para peretas telah menemukan cara untuk menonaktifkannya baik di Windows maupun MacOS.

7. Gunakan jaringan pribadi virtual
Untuk melindungi privasi saat menggunakan Wi-Fi publik dan mencegah penyedia internet melacak riwayat peramban kamu, gunakan layanan VPN (jaringan pribadi virtual). VPN mengenkripsi lalu lintas antara Anda dan server VPN, sehingga tidak memungkinkan bagi orang-orang di jaringan yang sama untuk melacak apa yang kamu lakukan.

Baca juga: Belajar atau Kerja di Rumah? Ini 7 Cara Simple Tingkatkan Performa Komputer atau Laptop Kamu

8. Gunakan kabel atau gembok pengaman khusus laptop
Untuk mengurangi kemungkinan laptop dicuri saat kamu berada di tempat umum seperti kedai kopi dan kamu ingin meninggalkan meja.

9. Pasang GPS locator
Menemukan laptop menggunakan GPS locator bisa menjadi boomerang dan menimbulkan risiko privasi (sedikit), karena layanan ini bisa melacak di mana kamu berada. Oleh karena itu, ini adalah keputusan pribadi kamu yang harus dipertimbangkan secara masak.

Nah, beberapa langkah sederhana tadi bisa kamu lakukan untuk melindungi privasi dan membuat laptop kamu jauh lebih aman. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply