Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jenis Diet yang Bikin Otak Tetap Sehat Bertahun-tahun ke Depan

Dok.. Consultantdietitians

Topcareer.id – Meskipun penurunan kognitif tak dapat dihindarkan, tapi itu bisa dipercepat atau ditunda oleh sejumlah faktor yang berbeda. Infeksi, paparan neurotoksin, dan penyakit adalah faktor mencegah gangguan kognitif, begitu juga diet punya pengaruh.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer and Dementia, rejimen yang kaya dengan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, dan kacang-kacangan secara dramatis mengurangi risiko seseorang terkena penyakit neurodegeneratif di kemudian hari.

Analisis pengamatan terhadap para partisipan yang terdaftar dalam dua uji coba acak dari suplemen nutrisi untuk degenerasi makula terkait usia. ‘Age‐Related Eye Disease Study (AREDS) and AREDS2’ para peneliti menamai studi mereka.  

“Kepatuhan diet Mediterania yang lebih dekat dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari gangguan kognitif tetapi tidak memperlambat penurunan fungsi kognitif,” sebut para peneliti itu, dikutip dari The Ladders.

Baca Juga: Jenis Diet Ini Mungkin Tak Cocok Saat Wabah Virus Corona Melanda

Untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang mekanisme spesifik yang dimainkan, para penulis makalah ini menganalisis dua uji klinis yang sebelumnya dilakukan disponsori oleh National Eye Institute. Yang pertama terjadi antara tahun 1992 dan 1998, sedangkan yang kedua berlangsung antara tahun 2006 dan 2008. Secara kolektif, 7.756 pria dan wanita terlibat dalam dua studi kohort.

Peneliti menyusun kuesioner untuk menentukan kebiasaan diet dan gaya hidup masing-masing peserta sebelum melakukan tes standar untuk mengukur kesehatan kognitif mereka.

Secara konsisten, individu yang mengaplikasikan diet Mediterania yang paling dekat menikmati fungsi kognitif tertinggi selama 10 tahun studi observasional.

Baca juga: Diet Ini Mampu Turunkan Berat Badan Hingga 7 Kg, Mau Coba?

Ketaatan yang ketat terhadap diet Mediterania secara khusus didefinisikan sebagai kebiasaan konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, ikan dan minyak zaitun, serta mengurangi jumlah daging merah dan alkohol.

Ikan dan sayuran tampaknya memiliki dampak terbesar pada hasil. Asupan ikan rutin bersamaan dengan tingkat fungsi kognitif yang lebih tinggi dan tingkat penurunan terendah dari waktu ke waktu.

“Para ilmuwan tidak yakin mengapa diet Mediterania dapat membantu otak,” jelas National Institute of Aging (NIA) di situs webnya.

Diet nabati terutama ini telah terbukti meningkatkan kesehatan kardiovaskular, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko demensia. Sebaliknya, diet khas Barat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, kemungkinan berkontribusi pada penuaan otak yang lebih cepat.

“Selain itu, diet ini dapat meningkatkan nutrisi spesifik yang dapat melindungi otak melalui sifat anti-inflamasi dan antioksidan,” simpul Institut. * (RW)

Leave a Reply