Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Saran Percantik Resume yang Tak Lagi Relevan

Dok. Money.com

3. Menawarkan referensi

“Perusahaan tidak akan meminta referensimu sampai kamu berhasil melewati putaran wawancara awal, dan mereka tahu kamu akan memberikan informasi ini jika mereka memintanya,” lanjut Augustine.

Daripada menyia-nyiakan resume dengan perincian ini, siapkan daftar setidaknya tiga referensi pada selembar kertas terpisah yang dapat diberikan kepada calon majikan pada saat itu juga.

Baca juga: Skill yang Bisa Percantik CV, Pelajari Selama Pandemi! (Bagian 1)

4. Batasi diri hanya dengan satu halaman

Bertentangan dengan apa yang mungkin kamu dengar, Augustine mengatakan tidak perlu menyingkat pengalaman kerja menjadi dokumen satu halaman. Sebagian besar professional, harus mengarah pada resume dua halaman.

Baca juga: Skill yang Bisa Percantik CV, Pelajari Selama Pandemi! (Bagian 2)

Augustine menunjuk pada penelitian yang menganalisis umpan balik dari 500 perekrut, manajer perekrutan, dan profesional sumber daya manusia, yang menyarankan mereka 2,3 kali lebih mungkin untuk memilih dua halaman resume daripada satu.

5. Memasukkan kisah pribadi

Sama seperti berkencan, resume juga harus mampu membuat pembaca tertarik dan menginginkan lebih, tanpa mengetahui cerita lengkap. Itu sebabnya psikolog Dr. Yvonne Thomas, Ph.D. mengatakan resume bukan tempat untuk mengungkapkan cerita pribadi. Seharusnya hanya berbicara untuk kesuksesanmu.

“Secara psikologis, kamu secara tidak sengaja menipiskan dan mengurangi poin-poin penting dari resume ketika kamu juga memasukkan perincian tentang kehidupan dan minat pribadimu,” lanjutnya.

Fokuslah menulis resume yang mewakilimu dalam semua dimensi kehidupan profesional, yang menjadi tujuan resume tersebut. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply