Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

WFH Juga Bisa Akibatkan Burnout. Ini 5 Alasannya

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

3. Stres karena ingin menjadi ‘pekerja sempurna’
Bahkan sebelum pandemi melanda ada obsesi untuk menjadi “pekerja ideal” yang selalu online dan tidak pernah menolak proyek. Kecenderungan ini juga diperburuk oleh peralihan ke WFH.

Dikhawatirkan perusahaan akan mengira mereka malas saat bekerja di rumah. Dengan begini orang jadi banyak menekan batas kemampuannya hingga melebihi kapasitas, sehingga menyebabkan mereka burnout.

Baca juga: Tunjangan Alat Kantor di Rumah Jadi Hal Umum Setelah Pandemi Covid-19

4. Tidak adanya koneksi sosial
WFH bisa membuatmu terisolasi, bahkan ketika berada di rumah yang penuh dengan orang. Memiliki kolega di tempat kerja untuk beralih ke masalah atau untuk memberikan bantuan ketika keadaan menjadi stres membantu mengurangi kelelahan. Ketika kamu tidak memiliki jaringan pendukung tersebut di rumah, rasanya akan sangat melelahkan.

5. Tidak bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri
Multitasking saat WFH bisa menyedot energimu sampai habis. Mungkin kamu menikmati pekerjaan atau kamu senang berbicara dengan tim kerja dan klienmu saat WFH, tetapi jika kamu hanya terus berfokus pada pekerjaan hingga lupa waktu, kamu justru akan menjadi tidak benar-benar menikmati kesemuanya dan bisa terjadi burnout. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply