TopCareerID

Kleptomania, Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Sumber foto: mayoclinic.org

Topcareer.id – Kleptomania adalah ketidakmampuan berulang dalam menolak dorongan untuk mencuri barang-barang yang tidak dibutuhkan. Barang yang dicuri juga biasanya memiliki sedikit nilai guna.

Kleptomania merupakan gangguan kesehatan mental yang jarang, namun memiliki dampak yang serius. Jenis gangguan kontrol impuls ini ditandai oleh masalah pengendalian diri secara emosional atau perilaku.

Banyak orang dengan penyakit kleptomania hidup dalam rasa malu karena mereka takut untuk mencari perawatan kesehatan mental.

Meskipun tidak ada obat untuk kleptomania, perawatan dengan obat-obatan atau terapi bicara (psikoterapi) dapat membantu untuk mengakhiri siklus pencurian kompulsif ini.

Berikut gejala dari kleptomania:

Mengutip mayoclinic.org, Senin (18/5/2020), tidak seperti pengutil pada umumnya, orang-orang dengan kleptomania tidak melakukan pencurian demi keuntungan pribadi; sebagai upaya balas dendam; maupun sebagai simbol pemberontakan.

Mereka mencuri hanya karena dorongan itu begitu kuat sehingga mereka tidak bisa menahannya.

Episode kleptomania umumnya terjadi secara spontan, biasanya tanpa perencanaan dan tanpa bantuan atau kolaborasi dari orang lain.

Kebanyakan orang dengan kleptomania mencuri di tempat-tempat umum, seperti toko dan supermarket. Beberapa mungkin mencuri dari teman atau kenalan.

Seringkali, barang yang dicuri tidak memiliki nilai bagi orang dengan kleptomania, dan orang tersebut pun sebetulnya mampu membelinya. Barang-barang curian biasanya disimpan, dan tidak pernah digunakan.

Terkadang, barang-barang yang dicuri juga disumbangkan, diberikan, dan diam-diam dikembalikan lagi ke tempat asalnya.

Penyebab kleptomania tidak diketahui. Beberapa teori menyatakan bahwa perubahan di otak mungkin merupakan akar dari masalah ini.

Dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memahami kemungkinan penyebab ini, tetapi kleptomania dapat dikaitkan dengan:

Mendapatkan pengobatan sesegera mungkin setelah melakukan pencurian dapat membantu mencegah penyakit kleptomania menjadi lebih buruk serta konsekuensi negatif yang ditimbulkannya.

Jika kamu atau orang terdekat kamu tidak bisa berhenti mencuri, carilah segera bantuan medis. Banyak orang yang menderita kleptomania namun tidak ingin berobat karena takut akan ditangkap atau dipenjara. Padahal, saat berkonsultasi, kerahasiaan kamu akan dijaga dengan sangat baik.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version