Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Tidak Sehat

Unhealthy snack at work time. Compulsive indulgence, overeating, stress, high calorie, fattening junk food, weight gain. Woman eating cookies at workplace

4. Tak peduli kebersihan
Bagaimana pun, kebersihan ada kaitannya dengan kecantikan. Coba saja apa yang terjadi kalau seharian berkegiatan di luar dan sampai di rumah langsung tidur, malas membersihkan wajah? Kuman berkumpul, pori-pori tertutup debu dan akhirnya membuat komedo dan jerawat bersarang.

Meski sepele, selalu ingat untuk setidaknya mencuci muka jelang tidur — lebih bagus lagi kalau mandi. Pasalnya saat tidur temperatur tubuh meningkat dan kemampuan kulit menyerap apa saja yang ada di permukaannya sangat kuat.

Tentunya kamu ingin kulit menyerap zat yang bermanfaat, kan? Selain cuci muka, ingat selalu untuk rajin mencuci kuas yang kamu gunakan untuk menyapu makeup demi menyingkirkan bakteri. Setidaknya tiga minggu sekali, cucilah dengan sabun dan keringkan semalaman atau gunakan tisu. Dan kalau sudah lewat setahun, beli yang baru.

Baca juga: Tips Lindungi Kulit Saat Memakai Masker Setiap Hari (Bagian 1) dan Tips Lindungi Kulit Saat Memakai Masker Setiap Hari (Bagian 2)

5.Kurangi hobi begadang
Meski cuci muka sebelum tidur membuat kulit terjaga kebersihannya, kalau waktu tidurnya kurang tetap saja kulit kena pengaruh negatifnya. Ya, kurang tidur bisa menyebabkan stres dan memengaruhi kondisi kulit. Salah satunya, jerawat.

Tidur adalah saatnya tubuh memperbaiki kerusakannya selama seharian digunakan. Kalau proses itu diinterupsi dengan kuantitas waktu yang minim, sel kulit pun tak bisa bekerja efektif.

Baca juga: Kulit Wajah Kusam Selama di Rumah Saja? Ini Alasannya

6. Memencet jerawat
Kami tahu, kehadiran jerawat di wajah bikin siapa pun pemiliknya kesal dan tergoda memencetnya supaya segera lenyap. Tapi hati-hati, perbuatan itu makin memperparah keadaan. Memencet jerawat bisa mendorong bakteri masuk lebih dalam ke pori-pori dan menyebabkan infeksi, bengkak, dan nanah. Kalau jerawat telanjur bersarang, sabarlah. Lakukan perawatan rutin mencuci muka dan oleskan obat jerawat yang sudah kamu percaya kualitasnya.

7. Junk food
Kesibukan membuat banyak orang ingin segalanya serbapraktis, tak terkecuali makanan. Bicara makan praktis, pikiran melayang ke makanan cepat saji alias junk food. Memang enak sih, tapi coba kurangi dari sekarang.

Makanan ini cepat menyebabkan gula darah meningkat dan memicu sentakan insulin. Insulin kemudian menstimulasi hormon penghasil minyak dan akhirnya menyebabkan jerawat! Jadi, cobalah beralih ke panganan lebih sehat semacam peanut butter atau alpukat yang bernutrisi untuk metabolisme tubuh, kulit, rambut, bahkan kuku. * dari Berbagai Sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply