Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bukan IPK dan Universitas Ternama, Ini 5 Kriteria yang Dicari Google dari Calon Karyawan

CEO Google, Sundar Pichai. (dok. CNBC)

Rendah hati
Hasrat dan dorongan menuju tanggung jawab harus diimbangi dengan kerendahan hati. Keterbukaan terhadap orang lain yang memiliki ide yang lebih baik daripada dirinya sendiri, atau mengetahui lebih banyak tentang cara membuat sesuatu hal berjalan lancar. Google membutuhkan ego besar dan ego kecil pada orang yang sama pada saat yang sama.

Ketika seseorang memiliki kedua kualitas ini, dorongan yang kuat untuk membuat segalanya menjadi lebih baik bisa dikombinasikan dengan sikap ramah. Ini sangat efektif secara individual maupun dalam tim.

Kepemimpinan
Mereka mencari orang-orang yang dapat bertindak untuk membimbing dan mempengaruhi orang lain menuju suatu hasil ketika itu yang dibutuhkan, tidak peduli apa pekerjaan atau jabatan mereka. Dan ini juga bisa terkait dengan kriteria kerendahan hati, harus tahu kapan saatnya mundur dan kapan waktunya membiarkan orang lain mengambil peran kepemimpinan itu.

Baca juga: Kisah Yahoo! Melewatkan Kesempatan Besar dari Microsoft dan Google

Kemampuan belajar
Kemampuan belajar yang cepat, kemampuan untuk mengambil hal-hal baru, kemampuan untuk menemukan informasi yang berbeda dan mengambil langkah berikutnya, adalah hal nomor satu yang dibutuhkan oleh para manajer di Google dalam mencari kandidat.

Itu tidak hanya berlaku di perusahaan seperti Google atau LinkedIn atau Amazon, perusahaan-perusahaan yang bangga dengan ide-ide baru dan pendekatan baru setiap hari. Google membutuhkan karyawan yang penasaran, yang bersedia melakukan kesalahan dan mengambil risiko dan mengajukan pertanyaan bodoh demi mengembangkan kemampuan baru serta solusi baru. Karena itulah cara organisasi akan dapat berkembang dan tumbuh ke masa depan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply