Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Studi: 87 Persen Karyawan Siap WFH Meski Pandemi Telah Selesai

Foto Ilustrasi (flexjobs)


 Berikut beberapa tips untuk menjadikan bekerja jarak jauh tetap nyaman dan produktif.

1. Bekerja dengan cara yang berbeda

Orang-orang berpendapat saat mereka bekerja dari rumah, mereka harus bekerja dengan cara yang berbeda dari apa yang mereka lakukan di kantor. Mereka pikir, mereka harus duduk di meja sepanjang hari. Padahal, tidak ada lagi pengaturan kerja konvensional di kantor modern saat ini. Justru jika kamu bekerja di kantor, kamu dapat memulai hari dari meja, lalu pindah ke ruang santai, beralih ke sofa, atau sesekali sembari duduk di kursi pijat jika kantor kamu memilikinya. Demikian pula saat bekerja dari rumah, pilihlah satu tempat khusus sebagai “home base”, (contohnya, dapur atau ruang kerja jika ada). Lalu berpindahlah ke sofa, atau ke balkon untuk menghindari kebosanan.

2. Tetap terhubung melalui teknologi portabel

Baca juga: Usia 45 Tahun ke Bawah Boleh Kerja ke Kantor? Ini Penjelasannya

Studi global Lenovo,  juga menemukan bahwa 71% karyawan yang bekerja dari rumah merasa memiliki akses terhadap teknologi yang mereka butuhkan. Layaknya kebanyakan kantor yang tidak lagi konvensional, kita dapat memindahkan laptop dengan mudah dari meja, ke ruang santai, ke sofa, atau ke bahkan treadmill. Saat bekerja dari rumah, bentuk baru dari laptop portabel dan workstation yang dapat berpindah-pindah memungkinkan kamu untuk menjaga kecepatan kerja dan produktivitas yang sama. Pastikan kamu memiliki akses ke seluruh teknologi portabel. 


3. Meningkatkan perangkat produktivitas dan kolaborasi

Dengan kondisi dimana setiap meeting dilakukan secara virtual, kamu dapat mempertimbangkan penggunaan perangkat yang dapat meningkatkan produktivitas seperti monitor, webcam, dan alat kolaborasi seperti headset atau alat konferensi. 


4. Beristirahatlah secara teratur dan gunakan teknologi untuk bersenang-senang!

Jangan lupa untuk beristirahat secara teratur karena bekerja dari rumah bukan berarti kamu tidak dapat melakukan hal lainnya. Meskipun kamu mungkin berada di rumah sendirian, kamu selalu dapat menggunakan teknologi untuk menciptakan suasana yang sama menyenangkannya dengan di kantor saat istirahat.

Gunakan aplikasi virtual sosial untuk menyapa rekan kerja dan makan siang atau berbuka puasa bersama secara virtual. Kamu bahkan dapat menggunakan Microsoft Teams, Skype, Zoom, atau aplikasi video lainnya untuk menciptakan aktivitas virtual bersama, seperti yoga, meditasi, atau sekedar mengobrol santai. Ini akan menjadi penyegar di tengah kesibukan kerjamu.

Kecanggihan dan keterjangkauan teknologi perangkat pintar telah terbukti sangat mendukung perusahaan di seluruh dunia untuk mengadopsi kebijakan WFH. “Penggunaan teknologi cerdas yang diperkuat dengan perangkat kolaborasi akan membantu memastikan setiap orang untuk bekerja secara efektif dan efisien untuk berhasil hari ini dan di masa depan, di mana bekerja jarak jauh akan menjadi norma baru. Di Lenovo, kami menawarkan teknologi pintar untuk setiap segmen, dari profesional muda hingga mereka yang membutuhkan perangkat yang lebih canggih untuk tetap produktif dan terhubung,” ujar Budi Janto, General Manager Lenovo Indonesia, dalam rilisnya yang diterima Topcareer.id, Senin (1/6/2020). *


 

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply