Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tanda Kamu Alami Perubahan Karier Tidak Efektif

Dok. Eursap.eu

Topcareer.id – Untuk mencapai tujuan karier yang diinginkan, kamu perlu melakukan beberapa perubahan untuk mengembangkan diri. Tapi, sayangnya dalam perubahan itu, pekerja malah mendapati perjalanan karier dengan cara yang tidak efektif.

Pelatih Karier Rachel Montanez dalam laman Forbes menjelaskan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa  kamu menjalani perubahan karier yang salah.

1. Kamu tidak mengembangkan kesadaran diri

“Mengenal orang lain adalah kecerdasan; Mengetahui diri sendiri adalah kebijaksanaan sejati. Menguasai orang lain adalah kekuatan; Menguasai diri sendiri adalah kekuatan sejati,” Lao Tzu, seorang filsuf Tiongkok.

Menurut Montanez, karier kita adalah cerminan dari kehidupan kita. Jika kamu berjuang dengan perfeksionisme, menyenangkan orang, memiliki identitas atau kurang percaya diri, itu mungkin meluas ke apa yang kamu pilih dan bagaimana kamu bertransisi. Melakukan beberapa pekerjaan untuk mengenal lebih dalam diri sendiri itu bisa sangat berguna. Kesadaran diri merupakan dasar untuk perubahan karier yang sukses.

Baca juga: Daftar Karier yang Memungkinkanmu Kerja 2 Minggu, Libur 2 Minggu

2. Berbicara hanya dalam bahasamu

Setiap industri memiliki terminologi khusus, dan perusahaan memiliki jargonnya juga. Saat kamu membuat perubahan karier, kamu kadang perlu mengubah bahasa, membuatnya dapat dimengerti dan berlaku untuk audiens. Titik awal yang baik untuk ini adalah untuk mencerminkan bahasa dalam deskripsi pekerjaan, di situs web perusahaan, dan ikuti perusahaan di media.

Jangan terlalu terjebak dalam berbicara dan mengisi resume dan profil LinkedIn dengan kata kunci yang kamu lewatkan dalam menyampaikan kemampuan.

3. Stres dan kelelahan memiliki fungsi eksekutif yang terbatas

“Saya percaya pada pelatihan karir holistik. Penelitian menunjukkan bahwa stres memengaruhi bagian otak Anda yang bertanggung jawab atas fungsi eksekutif. Fungsi eksekutif memengaruhi kemampuan pengambilan keputusan, emosi, dan fokus,” kata Montanez. Berikut adalah beberapa keyakinan perubahan karier yang melumpuhkan:

– Tanpa karya ini, saya tidak memiliki identitas karena itu yang saya kenal sejak lama.

– Saya tidak pantas merasa senang dengan pekerjaan saya.

– Tidak ada yang akan mempekerjakan saya karena (usia saya, kurangnya prestasi yang mengesankan)

Baca juga: Suram, Peluang Karier Gen Z Lulusan 2020 Akibat Wabah Corona

4. Kamu lambat

Proses pencarian karir tidak sama dengan 10, 5, 3 bulan atau bahkan setahun yang lalu. Jika kamu memiliki pendekatan pencarian kerja yang tersebar dan hanya melamar secara online, kamu tidak melakukan apa pun untuk diri sendiri.

Cara orang menemukan pekerjaan baru nomor satu adalah melalui rujukan baik oleh manajer perekrutan atau karyawan. Mark Granovetter mempelajari para pencari kerja dalam bukunya, The Strength of Weak Ties, untuk menemukan bagaimana jejaring sosial berperan dalam menemukan pekerjaan.

5. Membatasi diri sendiri

Laporan ini, seperti banyak yang lain, menunjukkan bahwa wanita 16% lebih kecil kemungkinannya daripada pria untuk melamar pekerjaan ketika melihatnya, dan wanita melamar pekerjaan 20% lebih sedikit daripada pria. Jangan menjadi seseorang yang membatasi diri. Ada begitu banyak potensi dalam diri, dan kamu memiliki banyak hal untuk ditawarkan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply