Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

10 Tren Teknologi yang Dibidik Para Perusahaan Startup

Ilustrasi.Ilustrasi.

Topcareer.id – Walaupun pandemi Covid-19 berdampak negatif pada beberapa sektor, namun wabah ini ternyata juga memunculkan 10 tren teknologi yang bisa menjadi peluang baru bagi para startup Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Riset dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek BRIN), Bambang PS Brodjonegoro saat Live Streaming bertopik Life After Pandemic Covid-19, Kamis (11/4/2020).

“Sepuluh tren ini jangan kita lihat sebagai darurat, justru harus kita lihat sebagai the new normal atau the new future karena ini adalah bagian dari Revolusi Industri Keempat,” jelasnya.

10 tren teknologi dalam new normal ini mencakup belanja daring, pembayaran digital, teleworking (work from home), telemedicine, tele-education and training, hiburan daring, rantai pasokan atau supply chain 4.0, 3D printing, robot dan drone, serta teknologi 5G dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Menristek BRIN mencontohkan salah satu inovasi dalam bidang telemedicine yang sudah diaplikasikan adalah Robot Medical Assistant ITS – Airlangga (RAISA), yang bisa mensubstitusi perawat, memberikan makan, memberikan obat, sampai mengecek infus pasien.

“Beberapa tren teknologi lain yang lebih dirasakan banyak orang adalah belanja daring dan pembayaran digital yang kini mulai lebih dipilih kalangan milenial dan ibu-ibu dalam berbelanja, dibanding berbelanja secara langsung,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang juga mendorong para pemuda dan milenial, terutama dari perguruan tinggi, untuk semakin banyak menciptakan aplikasi digital dalam sepuluh tren baru new normal mengingat kontak langsung dengan orang lain akan berkurang.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply