Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Minuman yang Sebaiknya Kamu Konsumsi dan Hindari Sebelum Tidur

Ilustrasi. (dok. Cooking Channel)

Topcareer.id – Istirahat malam yang cukup dengan tidur yang nyenyak penting bagi kesehatan untuk kembali menghadapi kesibukan di esok hari.

Banyak cara untuk mendapatkan tidur nyenyak, mulai dari menjauhi smartphone sebelum tidur hingga membaca buku. Namun jika hal tersebut belum bisa membuatmu tertidur dengan nyenyak, kamu mungkin perlu mencoba cara lain.

Cobalah mengonsumsi minuman yang bisa membantu tidurmu lebih mudah dan nyenyak. Baca terus untuk mengetahui minuman apa yang sebaiknya kamu konsumsi dan hindari sebelum tidur dan bagaimana pengaruhnya terhadap tidur.

Baca juga: Bahaya Kurang dan Kelebihan Tidur

Hot Cocoa atau cokelat panas
Minuman klasik sebelum tidur, tetapi cocoa panas tidak dapat disamakan dengan cokelat panas. Cocoa atau Kakao adalah bubuk tanpa lemak dari cocoa butter sedangkan cokelat panas adalah serutan cokelat yang dilelehkan dan dicampur dengan susu, krim atau air. Kelemahan cokelat panas bukan hanya mengandung kafein, tetapi juga kandungan gula dan phenylethylamine.

Susu hangat
Ini juga resep klasik. Kalsium dalam susu dari dulu dikenal untuk membantu tidur nyenyak. Itulah sebabnya banyak ahli tidur merekomendasikan secangkir susu hangat sangat bagus sebelum tidur. Ini efektif dalam pengurangan stres dan stabilisasi serabut saraf, termasuk yang ada di otak.

Teh herbal
Teh herbal seperti chamomile adalah pilihan yang lebih baik. Dipercaya memiliki efek menenangkan mungkin karena flavonoid apigenin, metabolit sekunder. Teh Valerian dan peppermint juga dikenal untuk merilekskan tubuh dan menenangkan perut.

Baca juga: Kebiasaan Tidur Ungkap Seperti Apa Dirimu

Teh atau kopi
Hindari kopi, teh hitam, atau teh hijau tepat sebelum tidur karena kafein di dalamnya dapat merangsang dan membuatmu tetap terjaga. Namun, beberapa varietas kopi tanpa kafein dapat membuat kamu masuk ke mode tidur khususnya teh hijau tanpa kafein yang mengandung theanine yang telah terbukti membantu mengurangi stres dan meningkatkan pola tidur yang lebih nyenyak.

Soft drink atau alkohol
Katakan tidak pada soft drink dan alkohol. Walaupun sedikit alkohol dapat membantu rileks pada awalnya, alkohol bisa mengganggu tidur nyenyak – karena menyebabkan lebih banyak terbangun di malam hari untuk buang air kecil dan menyebabkan kamu dehidrasi.

Jus ceri
Ceri secara alami mengandung melatonin, hormon yang memicu tidur dan mengatur jam internal kamu. Cari buah ceri yang biasa digunakan pada kue tart, karena mereka memiliki jumlah melatonin yang tinggi dan jauhi jus ceri supermarket yang sarat dengan gula. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply