Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Manfaat Alami Bila Kamu Rutin Meditasi

Dok. Yoga Journal

Topcareer.id – Sumber kebahagiaan yang sebenarnya terletak pada kejernihan pikiran. Faktor eksternal tidak akan bisa mempengaruhi selama kita merasa bahagia di dalam diri sendiri.

Meditasi bisa dilakukan untuk melatih pikiran dan melihat keindahan hidup yang tengah dijalani sehingga diri merasa lebih bahagia. Meditasi membangun koneksi yang aman antara dunia internal dan eksternal.

Ini bisa membangunkan tubuh dan menguntungkan semua aspek lapisan pikiran pada alam sadar dan bawah sadar. Berikut ini manfaat yang diberikan oleh meditasi.

Meditasi meningkatkan empati
Meditasi cinta kasih atau welas asih melepaskan koneksi saraf ke situs otak yang mengatur emosi positif seperti empati dan kebaikan. Keadaan aliran yang mendalam yang disebabkan oleh meditasi, membangun hubungan sosial dan membuat orang menjadi pribadi yang lebih penyayang dan bersahabat.

Baca juga: Ragam Manfaat Yoga yang Perlu Kamu Tahu

Meditasi meningkatkan kognisi
Cara terbaik bagi para profesional untuk meningkatkan kemungkinan sukses adalah menjaga praktik meditasi sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Penelitian mengungkapkan bahwa praktik meditasi yang transenden dan bijaksana meningkatkan strategi pemecahan masalah dan pengambilan keputusan otak, yang dapat membawa perubahan yang diinginkan dalam kehidupan profesional.

Meditasi adalah penstabil stres alami
Stres adalah respons tubuh terhadap kesulitan yang tak terduga. Menghadapi ancaman langsung meningkatkan kadar kortisol, atau hormon stres dalam tubuh, dan mengaktifkan sistem Saraf Otonom, yang bertanggung jawab untuk respons melawan-atau-lari. Studi otak dari meditasi reguler mengungkapkan bahwa mereka memiliki kadar kortisol yang lebih rendah di otak mereka.

Meditasi meningkatkan kesehatan emosional dan kesejahteraan
Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi meningkatkan citra diri dan harga diri. Ketika bermeditasi akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang pikiran dan menjadi sadar akan pikiran yang menggerakkan emosi dan tindakan saat ini.

Sebuah studi skala besar menemukan bahwa meditasi teratur mengurangi kemungkinan mengembangkan depresi dan gangguan yang berhubungan dengan suasana hati.

Meditasi meningkatkan perhatian
Kesadaran penuh akan perhatian datang secara alami ketika bermeditasi, dan seseorang akan mencapai keadaan yang ‘let it flow‘ di mana pikiran selaras sepenuhnya dengan dirinya sendiri. Sebuah studi tentang efek dari meditasi menemukan bahwa orang-orang yang bermeditasi secara teratur telah meningkatkan perhatian dan rentang konsentrasinya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply