Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

New Normal, Sejumlah Jabatan ASN akan Dievaluasi

Ilustrasi tenaga non-ASN atau honorer

Topcareer.id – Di masa New Normal usai Pandemi, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, menyebutkan adanya rencana evaluasi kembali terhadap sejumlah jenis jabatan atau bidang pekerjaan di lingkup Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Hal ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan kompetensi yang harus disesuaikan, dan tetap produktif di tengah kondisi birokrasi yang dipaksa serba digital saat ini,” katanya dalam acara Bincang Santai Online pada Sabtu, (20/6/2020).

Baca juga: Mau Kuliah Gratis Plus Jadi ASN? Begini Caranya

Sejak WFH diberlakukan, menurut Bima terdapat 2 dampak yang saling kontra. Di satu sisi, ada ASN dengan kinerja yang begitu minim, karena ternyata jenis jabatannya yang tidak relevan dilakukan lewat WFH, ditambah adanya kemampuan yang dituntut beradaptasi dengan sistem digital.

“Namun di sisi lain, ASN yang adaptif justru memiliki beban kerja yang berlebihan alias overload,” tambahnya.

Oleh karena itu, Bima mengajak seluruh ASN untuk melihat tatanan normal baru dari perspektif yang konstruktif. Mulai dari memodifikasi rencana kinerja di situasi pandemi, memanfaatkan keterbukaan informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi, dan mau terus beradaptasi terhadap perubahan.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply