Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hoax Bisa Ditangkal oleh Diri Sendiri. Begini 7 Langkahnya

Aplikasi Whatsapp. (dok. Telegraph)

4. Tidak yakin? Jangan bagikan
Jangan teruskan hal-hal yang meragukan. Berhati-hatilah dalam memposting ulang sebuah berita. Terus lakukan pencarian sumber, jika tetap meragukan karena tidak ada sumber yang jelas, sebaiknya jangan bagikan.

5. Periksa setiap fakta, secara individual
Jangan mudah percaya tehrhadap orang yang mengirimkan kamu berita. Apalagi isinya adalah campuran dari saran yang akurat dan tidak akurat. Ketika kamu dikirimkan daftar berita yang panjang, biasanya kamu jadi mudah untuk percaya tentang semua yang ada di dalamnya hanya karena kamu tahu pasti bahwa salah satu tipsnya bisa saja benar.

Baca juga: Facebook akan Beri Notifikasi Pengguna yang `Like` Posting Hoax Corona

6. Waspadai posting emosional
Hal-hal itulah yang membuat kita takut, marah, cemas, atau gembira yang cenderung menjadi viral. “Ketakutan adalah salah satu pendorong terbesar yang memungkinkan kesalahan informasi berkembang,” kata Claire Wardle dari First Draft, sebuah organisasi yang membantu jurnalis menangani informasi yang salah secara online. Seruan mendesak untuk bertindak dirancang untuk meningkatkan kecemasan – jadi berhati-hatilah.

7. Pikirkan tentang bias
Apakah kamu membagikan sesuatu berita karena kamu tahu itu benar atau hanya karena kamu menyetujuinya? Carl Miller, direktur penelitian Pusat Analisis Media Sosial di think tank Demo, mengatakan orang lebih cenderung berbagi posting yang memperkuat keyakinan yang sudah ada. “Saat kita menganggukkan kepala dengan marah, kita menjadi paling rentan terhadap berita hoax,” katanya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply