Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Awas! Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memicu Migrain

Kapan waktu minum kopi terbaik saat Ramadan?Ilustrasi: America Cancer Society

Topcareer.id – Jika kamu memiliki serangan migrain berkala, memang rasanya sulit untuk menikmati kopi setiap hari. Tapi, studi menunjukkan sebenarnya baik-baik saja konsumsi kopi meski punya migrain, yang perlu dibatasi adalah frekuensinya.

Meskipun kopi lebih dikenal dengan risiko kesehatannya, tapi kopi tetap punya manfaat kesehatan. Ini telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif, mengurangi risiko kanker, dan bahkan hidup lebih lama.

“Hal lain yang sangat menarik adalah bahwa efek kafein kemungkinan akan dipengaruhi oleh dosis dan frekuensi,” kata Mostofsky.

Dosis kafein memengaruhi migrain

Elizabeth Mostofsky, ScD , di unit penelitian epidemiologi kardiovaskular di Beth Israel Deaconess Medical Center mencoba menganalisis informasi dari 98 orang dewasa yang mengalami migrain episodik.

“Migrain episodik ditandai oleh mereka yang menderita sakit kepala hingga 14 hari per bulan. Namun, migrain kronis akan melibatkan 15 hari atau lebih per bulan, ”kata Mostosky kepada Healthline.

Para peserta menyelesaikan buku harian elektronik dua kali sehari selama enam minggu. Mereka melaporkan asupan minuman berkafein, faktor gaya hidup tertentu, dan waktu serta karakteristik serangan migrain.

Para peneliti kemudian membandingkan kemungkinan serangan migrain pada hari-hari para peserta minum kafein dengan hari-hari mereka tidak minum kafein.

“Kami secara bersamaan melihat paparan seperti kebiasaan tidur, cuaca, dan aktivitas fisik. Kami mengumpulkan banyak informasi dari orang-orang ini, melihat efek minuman berkafein dan risiko langsung yang ditimbulkannya terhadap migrain,” jelas Mostofsky.

Temuan menunjukkan efek minuman berkafein pada risiko serangan migrain hanya tampak pada konsumsi yang mencapai tiga porsi atau lebih dalam sehari.

Orang dengan migrain episodik tidak mengalami risiko yang lebih tinggi untuk serangan migrain, ketika hanya mengonsumsi satu atau dua minuman berkafein sehari.

“Kami masih melihat kemungkinan sakit kepala migrain yang lebih tinggi, dengan tiga porsi kafein atau lebih.”

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply