TopCareerID

5 Karier Menarik di Industri Perkapalan

Sumber foto: marineinsights.com

Topcareer.id – Indonesia merupakan negara maritim. Tidaklah mengherankan jika banyak anak bangsa yang berminat untuk bekerja di bidang kelautan dan pelayaran.

Kini, telah banyak sekolah khusus pelayaran di Indonesia yang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan lanjutan para siswa yang ingin berkarier di laut.

Nah, jika kamu tertarik mengambil jalur karier sebagai pelaut, Berikut lima pekerjaan terkait maritim yang bisa kamu pertimbangkan:

Insinyur Kelautan (Marine Engineers)
Insinyur Kelautan memperhatikan sistem mekanis kapal seperti propulsi dan kemudi. Merekalah yang bertanggung jawab untuk menjalankan kapal, dan mengawasi perbaikan serta pemeliharaan mesin, peralatan navigasi, juga sistem mekanis lainnya.

Arsitek Angkatan Laut (Naval Architects)
Naval Architects bekerja sama dengan Marine Engineers dalam memastikan kelancaran pengoperasian kapal. Mereka fokus mempelajari dan mengembangkan desain kapal, termasuk ukuran, berat, dan kecepatannya.

Pialang Kapal
Industri maritim tidak hanya terbatas pada karier seputar Science, Technology, Engineering, and Math (STEM). Kamu juga dapat mempraktikkan keterampilan bisnis kamu dengan menjadi broker kapal.

Broker atau pialang kapal bertanggung jawab untuk mengangkut berbagai barang melalui laut, serta mengatur pembelian dan penjualan kapal atas nama klien mereka.

Ada berbagai sertifikasi yang harus kamu lewati untuk menjadi broker kapal yang legal. Sebagian besar perusahaan juga menuntut adanya pengalaman serta pelatihan.

Pramugara Kapal (Ship Stewards)
Ship Stewards bertanggung jawab atas manajemen perhotelan, layanan pelanggan, dan tata graha kapal pesiar. Mereka memastikan bahwa setiap penumpang di kapal mendapatkan akomodasi standar yang tinggi.

Memiliki gelar dalam Manajemen Hotel dan Restoran juga dapat memberimu kesempatan untuk bekerja di restoran dan bar mewah di kapal pesiar.

First Line Supervisor
Pekerjaan ini memainkan peran penting dalam setiap kapal karena mereka yang merencanakan, mengawasi, dan mengoordinasikan kegiatan untuk menjaga operasi harian kapal bisa berjalan dengan lancar.

First Line Supervisor juga menerapkan program untuk memotivasi dan meningkatkan tingkat produktivitas karyawan di atas kapal, serta meningkatkan kinerja peralatan, kualitas, dan efisiensi.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version