Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Sekolah

11 Sekolah Pelayaran dan Kelautan yang Bisa jadi Pilihan Kamu

Ilustrasi. (dok. istimewa)

6. PIP Semarang
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) juga hadir di Semarang. Ini juga merupakan salah satu sekolah pelayaran terbaik di Indonesia dan diakui oleh IMO. Sekolah pelayanan ini langsung dikelola oleh kementerian Perhubungan Indonesia.

7. AMN Cilacap
Meski kecil, Cilacap memiliki berbagai perguruan tinggi bidang transportasi. Salah satunya adalah Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Untuk program studinya terdiri dari teknik, pengelolaan pelabuhan, dan nautika. Lokasinya di dekat Teluk Penyu, membuat praktik pelatihan pelayaran menjadi fleksibel.

Baca juga: Nasib Malang ABK Asal Indonesia: Gaji Tak Sesuai Hingga Makan Sayur Busuk

8. AMY Yogyakarta
Yogyakarta pun memiliki Akademi Maritim Yogyakarta (AMY). Ada 3 prodi dalam salah satu akademi pelayaran terbaik di Indonesia ini, yakni Ketatalaksanan Pelayaran Niaga, Nautika, dan Teknik dalam jenjang diploma. Sekolah ini telah mendapat pengakuan dari IMO pada tahun 2016.

9. Politeknik Pelayaran Surabaya
Politeknik Pelayaran Surabaya atau disebut juga sebagai Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP). Sekolah ini memiliki 2 kampus di Perak dan Rungkut Surabaya. BP2IP Surabaya memiliki 3 prodi dalam jenjang diploma untuk mencetak tenaga ahli pemesinan, kelistrikan dan navigator kapal.

10. STIMART AMNI Semarang
Merupakan lembaga pelayaran tertua di Semarang yang berdiri sejak tanggal 9 September 1964. Dan pada tahun 2015 mendapat sertifikat ISO 9001:2015 serta telah diakui oleh International Maritime Organization (IMO). Kampus biru AMNI telah berganti menjadi Universitas Maritim AMNI Semarang sejak Februari 2020. Prodinya S1-Manajemen transport dan D3-Nautika.

11. Politeknik Bumi Akademi Pelayaran Niaga Indonesia
Biasa disebut Akpelni, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta bidang kemaritiman yang berada di kota Semarang. Sejak tahun 1967 Akpelni Semarang telah resmi terdaftar pada lembaga Pendidikan Direktorat Perhubungan Laut. Perguruan tinggi ini memiliki visi untuk menjadi Politeknik yang unggul dibidang Ilmu dan Teknologi Maritim, Inspiratif, Berstandar Nasional dan Internasional. Saat ini memiliki 3 program studi dengan jenjang Diploma Tiga yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan, serta 1 prodi sarjana terapan atau setara jenjang Diploma Empat yaitu Transportasi Laut. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply