Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kecemasanmu Bisa Diubah Menjadi Hal Produktif. Ini Caranya

Ilustrasi. (dok. Safebee)

Pahami bahwa kecemasan dapat diterima
Beberapa situasi atau tugas mungkin selalu memberimu sejumlah kecemasan. Daripada mencoba menghindari tugas-tugas ini atau mengurangi emosi, mungkin yang terbaik adalah menerima perasaan sebagai bagian dari pengalaman.

Bahkan orang-orang sukses pun mengalami ketakutan. Mereka hanya memilih untuk menemukan cara untuk bertahan apapun itu. Cobalah untuk mengingat bahwa kecemasan dan ketakutan adalah reaksi alami. Pilih untuk fokus pada tugas daripada rasa takut yang terkait dengannya.

Baca juga: Hindari Cantumkan 5 Hal Ini dalam CV Kamu

Salurkan kecemasan menjadi motivasi
Temukan sweet spot kecemasanmu dan salurkan ke dalam motivasi. Penelitian menunjukkan kebanyakan orang memiliki sweet spot kecemasan di mana mereka memiliki cukup kecemasan untuk merasa waspada, tetapi tidak cukup untuk merasa lemah. Dalam keadaan ini, kecemasan dapat menjadi motivator yang sangat baik.

Bedakan kecemasan produktif dengan kecemasan tidak produktif
Kecemasan bisa bersifat produktif atau tidak produktif. Kecemasan yang tidak produktif biasanya mengkhawatirkan hal-hal yang di luar kendali sehingga menyebabkan serangan kecemasan. Sebaliknya, kecemasan produktif umumnya sama dengan mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan, tetapi dalam kecemasan produktif kamu tahu bahwa kamu masih memiliki kekuatan untuk merubahnya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply